Bupati Bantul: Uji coba pembukaan wisata PPKM Level 3 tetap harus hati-hati

id Bupati Bantul,obyek wisata,ppkm

Bupati Bantul: Uji coba pembukaan wisata PPKM Level 3 tetap harus hati-hati

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih (Foto ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Bupati Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Abdul Halim Muslih menyatakan bahwa uji coba pembukaan objek wisata pada masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 3 di kabupaten itu tetap harus hati-hati agar tidak terjadi penularan kasus COVID-19.

"Belum semua objek wisata kita buka, namun hanya satu objek, ini pun baru sifatnya hanya uji coba, karena memang kita harus hati-hati betul, bahwa pandemi COVID-19 itu kasusnya bisa naik turun," kata Halim di Bantul, Selasa.

Menurut dia, objek wisata di Bantul yang diujicobakan untuk menerima wisatawan menyusul turunnya level PPKM di Bantul dari 4 ke level 3 adalah kawasan wisata Hutan Pinus Mangunan, namun dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat.

"Makanya dalam uji coba pembukaan objek wisata ini aplikasi peduli lindungi itu akan kita terapkan, jadi hanya masyarakat yang sudah divaksin yang boleh masuk di objek itu," katanya.

Bupati mengatakan, rencana awal objek wisata di Bantul yang diujicoba untuk buka adalah Watu Lumbung Parangtritis, Kretek, namun karena pertimbangan sesuatu hal, maka diganti wisata Hutan Pinus Mangunan, uji coba pembukaan objek sudah dimulai pekan ini.

"Hanya satu di Mangunan, dipindah dari Watu Lumbung ke Pinus Mangunan, itu (pemindahan) kan keputusan provinsi DIY dan pemerintah pusat, mereka mungkin punya pertimbangan pertimbangan tertentu," katanya.

Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo mengatakan, hari ini sudah mendapat surat edaran dari Deputi Industri dan Investasi, Kemenko Maritim dan Investasi yang menyebutkan bahwa dari 20 tempat wisata yang diujicobakan se-Jawa, tiga objek wisata diantaranya ada di DIY.

Tiga objek wisata di DIY yang diujicobakan untuk buka dengan protokol kesehatan ketat tersebut adalah kawasan wisata Hutan Pinus Sari di Mangunan, Kabupaten Bantul, Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta, dan Tebing Breksi di Kabupaten Sleman.

"Saya berharap tiga tempat wisata yang diuji coba ini akan betul-betul punya komitmen untuk menegakkan aturan-aturan tempat wisata yang diujicobakan. Dan saya berharap nanti ada penambahan lokasi uji coba wisata di daerah DIY," katanya.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024