Pemkab Gunung Kidul beri pengarahan Pokdarwis untuk persiapan uji coba wisata

id objek wisata,Gunung Kidul

Pemkab Gunung Kidul beri pengarahan Pokdarwis untuk persiapan uji coba wisata

Objek wisata pantai di Gunung Kidul. (Foto ANTARA/Sutarmi)

Gunung Kidul (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, melakukan pengarahan kepada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan pelaku wisata terkait persiapan uji coba pembukaan objek wisata.

Sekretaris Dinas Pariwisata (Dispar) Gunung Kidul Harry Sukmono di Gunung Kidul, Kamis, mengatakan pertemuan ini menindaklanjuti Instruksi Menteri dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 41 Tahun 2021, Instruksi Gubernur Nomor 27/INSTR/21 dan Instruksi Bupati Nomor 443/4106 Tahun 2021.

"Agenda rapat pengarahan dengan Pokdarwis membahas sosialisasi persiapan uji coba pembukaan destinasi wisata," katanya.

Ia mengatakan agenda pengarahan ini rencananya dilakukan secara pararel, dengan lokasi awal di ruang rapat Geopark Gunungsewu lantai dua Dispar dan kawasan pantai di Pantai Kukup.

Namun, pihaknya belum dapat memastikan pembukaan kembali objek wisata. Sampai saat ini, pihaknya masih melihat perkembangan dan situasi terbaru dalam perkembangan COVID-19 dan kebijakan dari pusat dan provinsi.

Menurut dia, pembukaan objek wisata harus dirapatkan terlebih dahulu agar pelaksanaan di lapangan berjalan lancar sesuai dengan rencana, apalagi saat ini masih dalam situasi pandemi.

"Maka sebelum dilakukan uji coba pembukaan destinasi wisata, kami mengundang Pokdarwis," ucapnya.

Mengenai uji coba pembukaan destinasi wisata, pihaknya juga belum bisa memberikan gambaran. Namun jika berkaca dari uji coba persiapan new normal pada 2020, lokasinya di Pantai Baron, Kukup, Gunung Api Purba, dan Kalisuci.

"Kebijakan uji coba pembukaan objek wisata yang ditunjuk tetap bergantung pada kebijakan Pemerintah DIY," katanya.

Harry memahami situasi yang dihadapi pengelola wisata cukup berat. Tetapi karena kondisi belum memungkinkan, setiap kebijakan harus didukung supaya COVID-19 terkendali dan pandemi segera usai.

"Kami berharap wisatawan dan pengelola objek wisata hingga pelaku wisata untuk bersabar terlebih dahulu. Kami memahami suasana kebatinan semua, tapi melihat masa pandemi, kita harus saling menjaga," katanya.

Sementara itu, salah satu anggota Pokdarwis Wisata kuliner Kampung Emas Plumbungan, Putat, Patuk Andri Purwanto menyambut baik rencana persiapan uji coba pembukaan destinasi wisata, agar roda perekonomian pelaku wisata dapat berputar.

"Kami berharap setelah adanya pengarahan dari Dispar, langsung uji coba pembukaan objek wisata," katanya.
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2021