Dua pemuda bersepeda ratusan kilometer mengkampanyekan penghijauan

id kampanye,penghijauan,bersepeda

Dua pemuda bersepeda ratusan kilometer mengkampanyekan penghijauan

Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi saat menerima bibit pohon Pucuk Merah yang diberikan oleh dua pemuda yang bersepeda dari Bogor untuk mengkampanyekan penghijauan, Jumat (17/9/21) (ANTARA/Eka AR)

Yogyakarta (ANTARA) - Dua pemuda asal Bogor, Jawa Barat, bersepeda menempuh jarak ratusan kilometer sambil mengajak pemuda di berbagai kota yang dilalui untuk meningkatkan kesadaran penghijauan dengan menanam pohon, termasuk saat keduanya singgah di Kota Yogyakarta.

“Sejak awal Agustus (2021) kami mulai bersepeda dan pada hari ini tiba di Yogyakarta. Tujuannya tidak lain untuk mengajak anak-anak mulai menanam pohon di lingkungan sekitar mereka tinggal,” kata Fahmi Ali, salah satu pesepeda, saat tiba di Balai Kota Yogyakarta, Jumat.

Fahmi bersepeda dengan rekannya Lukman. Saat tiba di Balai Kota Yogyakarta, keduanya bertemu dengan Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi dan menyerahkan dua bibit tanaman Pucuk Merah.

Keduanya bahkan rela membalur tubuh mereka dengan cat berwarna hijau sebagai simbol kampanye penghijauan yang mereka lakukan.

Keduanya berharap, bibit tanaman tersebut dapat ikut ditanam di lingkungan Balai Kota Yogyakarta sehingga semakin menambah hijau kompleks birokrasi pemerintah daerah tersebut.

Menurut mereka, aksi bersepeda untuk meningkatkan kesadaran penghijauan tersebut memang sengaja baru dilakukan pada Agustus karena menjelang musim hujan sehingga tanaman penghijauan yang ditanam bisa tumbuh lebih baik.

Yogyakarta adalah kota ke-20 yang mereka singgahi dan keduanya akan melanjutkan perjalanan ke Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, sebelum kembali ke Bogor.

“Puncak dari kampanye ini akan dilakukan di kawasan Gunung Salak dengan aksi penanaman pohon secara massal,” katanya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengapresiasi idealisme kedua pemuda tersebut yang rela menempuh jarak ratusan kilometer untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya penghijauan.

“Menjaga kelestarian lingkungan adalah tanggung jawab bersama seluruh masyarakat. Mudah-mudahan, aksi yang dilakukan bisa menginspirasi banyak pemuda untuk meningkatkan kepedulian mereka terhadap kelestarian lingkungan,” katanya.

Heroe pun memastikan, kedua bibit pohon yang diterima akan ditanam di kompleks Balai Kota Yogyakarta yang saat ini juga tengah gencar melakukan penghijauan.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2021