Pemkab Bantul dukung percepatan vaksinasi COVID-19 di Desa Sendangsari

id Bupati Bantul

Pemkab Bantul dukung percepatan vaksinasi COVID-19 di Desa Sendangsari

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih saat pengarahan acara vaksinasi COVID-19 bagi masyarakat di Desa Sendangsari, Pajangan, Bantul, DIY. Jumat (17/9/2021) (ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mendukung upaya percepatan vaksinasi COVID-19 bagi masyarakat di Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan yang dilakukan Koppasus Grup 2 Kandang Menjangan bersama pemerintah kelurahan setempat.

"Hari ini vaksinasi COVID-19 telah kita genjot dan dengan bantuan TNI/Polri termasuk Kopassus pada hari ini tentu percepatan capaian 'herd immunity' (kekebalan komunal) akan semakin cepat," kata Bupati Bantul Abdul Halim Muslih usai meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Desa Sendangsari di Bantul, Jumat.

Ia menjelaskan percepatan vaksinasi COVID-19 dengan sasaran 1.000 masyarakat Sendangsari ini dapat mendukung upaya pemerintah, utamanya Pemkab Bantul, mencapai targetkan 100 persen warga setempat divaksin hingga akhir 2021.

"Kita berharap sampai akhir tahun ini 100 persen masyarakat Bantul sudah tervaksin, itu paling lambat, sehingga kita akan mencapai 'herd immunity' 100 persen kalau seluruh warga Bantul divaksin dan mau divaksin," katanya.

Ia juga mengatakan di beberapa tempat yang lain Kopassus juga langsung "turun gunung" untuk melakukan tidak hanya vaksinasi, tetapi bakti sosial berupa pemberian sembako bagi masyarakat terdampak pandemi COVID-19.

"Dan ini menunjukkan, bahwa pandemi COVID-19 memang menjadi urusan semua institusi, baik pemerintah daerah, TNI maupun Polri, memang ini urusan negara, bangsa tidak dapat disekat-sekat hanya pemda atau sipil," katanya.

Ia mengatakan tentang bantuan TNI dalam menangani pandemi.

"Militer pun diinstruksikan oleh Presiden untuk turut menangani pandemi ini, dan Bantul karena penduduk hampir satu juta jiwa perlu percepatan, dan alhamdulillah Kopassus dalam beberapa hari terakhir turut melakukan percepatan," katanya.

Sekretaris Desa atau Carik Sendangsari Pajangan Satrio mengatakan antusiasme masyarakat Sendangsari untuk mengikuti program vaksinasi tinggi, sehingga perlu dilakukan percepatan vaksinasi oleh pemerintah desa bekerja sama dengan Koppasus.

"Dari Koppasus menyediakan 1.000 dosis vaksin dan animo masyarakat bagus, dari Kopassus siap menyelesaikan. Harapannya dengan vaksinasi ini, capaian vaksinasi di Desa Sendangsari bisa 75 persen," katanya.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2021