Pemkab Sleman mendukung Gerakan Wisata Sehat di masa pandemi

id Gerakan wisata sehat ,Wakil Bupati Sleman ,Pemkab Sleman ,Wisata Sleman ,Pariwisata Sleman

Pemkab Sleman mendukung Gerakan Wisata Sehat di masa pandemi

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa bersama Ketua Badang Promosi Pariwisata Daerah DIY GKR Bendara pada sosialisasi Gerakan Wisata Sehat di Ngaglik, Sleman, Jumat (17/9/2021). ANTARA/HO-Humas Pemkab Sleman

Sleman (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sleman mendukung gerakan wisata sehat, yang diinisiasi Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), pada masa pandemi ini guna mencegah penyebaran dan penularan COVID-19

"Pemkab Sleman terus mendorong para pelaku wisata untuk mendapatkan sertifikat CHSE atau cleanliness (kebersihan), health (kesehatan), safety (keamanan), dan environment sustainability (kelestarian lingkungan) dari Kementerian Kemenparekraf," kata Wakil Bupati Sleman saat menghadiri Sosialisasi Gerakan Wisata Sehat yang diinisiasi Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) di Ngaglik, Sleman, Jumat.

Ia mengharapkan para pelaku wisata beserta seluruh pemangku kepentingan pariwisata di DIY, khususnya di Kabupaten Sleman dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik dalam menyongsong kehadiran wisatawan dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan secara ketat untuk mencegah penularan COVID-19.

"CHSE pada dasarnya adalah penerapan protokol kesehatan di bidang pariwisata," katanya.

Menurut dia, sertifikasi tersebut merupakan bukti bahwa pelaku usaha wisata telah memiliki, menerapkan, hingga meningkatkan protokol kesehatan di usahanya masing-masing.

"Selain itu, wisatawan dan masyarakat pun dapat merasa terjamin dengan pemenuhan standar protokol kesehatan CHSE di objek wisata," katanya.

Sedangkan sosialisasi Gerakan Wisata Sehat tersebut mengusung tema "Panduan Penerapan Protokol Kesehatan pada Daerah Penyelenggara Kegiatan Wisata", gerakan ini dilakukan untuk mendukung program wisata dan ekonomi kreatif dalam pemulihan ekonomi di masa pandemi khususnya pada sektor pariwisata.

Ketua Badang Promosi Pariwisata Daerah DIY GKR Bendara mengatakan Kabupaten Sleman memiliki potensi wisata yang istimewa mulai dari desa wisata hingga creative space bagi semua kalangan agar bisa berjejaring agar menumbuhkan peluang baru.

Ia juga mengapresiasi Pemkab Sleman yang terus menggiatkan pariwisata yang berstandar prokes dan mendorong tumbuhnya ekonomi kreatif.

Melalui Gerakan Wisata Sehat yang terus diupayakan Badan Promosi Wisata Daerah DIY berharap dengan kabar baik turunnya status PPKM menjadi level 3 di Kabupaten Sleman menjadi motivasi membangkitkan ekonomi pariwisata dan ekonomi kreatif, katanya.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024