Pemkab Kulon Progo terima 15 ribu dosis vaksin COVID-19 jenis Moderna

id vaksin,Moderna,Kulon Progo,vaksinassi,COVID-19

Pemkab Kulon Progo terima 15 ribu dosis vaksin COVID-19 jenis Moderna

Pemerintah Kabupaten Kulon Progo menerima kiriman vaksin dari Dinas Kesehatan DIY. (Foto ANTARA/Sutarmi)

Kulon Progo (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta menerima 15 ribu dosis vaksin jenis Moderna dan telah diberikan kepada masyarakat sebanyak 200 dosis sejak Sabtu (18/9).

Kepala Dinas Kesehatan Kulon Progo Sri Budi Utami di Kulon Progo, Senin, mengatakan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 jenis Moderna yang diperuntukkan kepada masyarakat umum dilakukan di RSUD Wates.

"Sejak Sabtu (18/9), kami telah memvaksin jenis Moderna ini kepada 200 warga," kata Sri Budi Utami.

Ia mengatakan mekanisme penggunaan vaksin COVID-19 jenis Moderna juga hampir sama dengan vaksin COVID-19 varian lainnya. Dosis yang digunakan sebanyak dua kali. Tenggat waktu antara dosis pertama dan kedua adalah sekitar empat minggu.

"Mekanisme penggunaan vaksin Moderna ini sama dengan lainnya, hanya saja yang membedakan penyimpanan vaksin dalam suhu minus 20 derajat Celsius," katanya.

Lebih lanjut, Dinas Kesehatan Kulon Progo juga terus melakukan pemantauan terhadap kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) bagi masyarakat yang telah menerima vaksinasi COVID-19 jenis Moderna. Sampai saat ini, dari 200 dosis jenis Moderna yang telah divaksikan kepada masyarakat umum tidak ada KIPI serius.

"Pengawasan KIPI tetap kita lakukan secara ketat. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kulon Progo tidak ada KIPI serius yang terjadi kepada masyarakat pasca menerima suntikan vaksin COVUD-19 Moderna," katanya.

Sementara itu, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kulon Progo Baning Rahayujati mengatakan capaian vaksinasi dosis pertama mencapai 68,69 persen atau 235.420 dari total 324.720 sasaran. Sedangkan capaian vaksinasi dosis kedua yang baru mencapai 30,19 persen atau 103.455 dari total 324.720 sasaran.

Pada September ini, pemkab menargetkan capaian vaksinasi sebesar 75 persen dan Oktober sebesar 100 persen dari total 324.720 sasaran.

"Kami optimistis capaian vaksinasi akan terealisasi sesuai target seiring semakin masifnya pelaksanaan vaksinasi di Kulon Progo," katanya.
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2021