Kelurahan Sinduharjo Ngaglik Sleman dideklarasikan sebagai Desa Damai

id Bupati Sleman Kustini ,Wahid foundation ,Yenny wahid,Desa Sinduharjo Sleman ,Desa damai Sinduharjo ,Kabupaten Sleman ,Sl

Kelurahan Sinduharjo Ngaglik Sleman dideklarasikan sebagai Desa Damai

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo bersama Direktur Wahid Foundation Yenny Wahid mendeklarasikan Desa Damai di Kalurahan Sinduharjo, Ngaglik, Sleman pada Selasa (21/9). Foto ANTARA/HO-Humas Pemkab Sleman

Sleman (ANTARA) - Kelurahan Sinduharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, dideklarasikan sebagai Desa Damai yang diinisiasi Wahid Foundation dengan PBB, UN Women.

"Pemerintah Kabupaten Sleman sangat mendukung program yang diinisiasi putri almarhum Gus Dur tersebut. Karena kondisi damai yang dimulai dari desa merupakan awal dari terwujudnya kedamaian di tingkat kabupaten," kata Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo di Sleman, Rabu.

Sebelumnya pada momentum hari Perdamaian Dunia Tahun 2021, Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo dan Direktur Wahid Foundation Yenny Wahid mendeklarasikan Desa Damai di Kelurahan Sinduharjo, Ngaglik, Sleman pada Selasa (21/9) sore.

Desa Damai di Sinduharjo ini merupakan yang pertama di Sleman dan Yogyakarta. Hingga saat ini baru ada 16 desa damai yang tersebar di seluruh Nusantara.

Kustini mengatakan Kabupaten Sleman ini miniaturnya Indonesia. Banyak golongan, suku, dan agama yang jadi satu di Sleman.

"Sudah menjadi suatu kewajiban, kita harus terus merawat kebinekaan ini agar tercipta perdamaian antarorang, rumah, dan lingkungan," kata Kustini.

Ia mengatakan desa damai bisa menjadi "grand design" untuk menciptakan peningkatan kultur masyarakat, karena intisari program-program yang dikembangkan desa damai berkaitan dengan ketahanan masyarakat desa dalam menghadapi berbagai tantangan kehidupan.

"Program ini sangat mirip dengan visi saya, menciptakan 'Sleman Tangguh'. Dimana, masyarakatnya tidak hanya mampu bertahan, tapi juga berinovasi menyesuaikan perkembangan zaman yang semakin keras ini," katanya.

Aspek pemberdayaan perempuan menjadi salah satu yang didukung Kustini dalam program desa damai. Ia berharap,akan muncul Yenny wahid lain yang dimulai dari Kelurahan Sinduharjo.

"Saya berharap ada banyak Yenny Wahid lain yang muncul di sini. Karena beliau dan saya sama-sama paham bagaimana memaksimalkan peran perempuan yang lebih untuk membantu ketahanan mulai dari keluarga," katanya.

Sementara Yenny Wahid mengatakan desa damai merupakan hasil kerja sama Wahid Foundation dengan PBB, UN Women.

Ia mengatakan dengan desa damai akan menguatkan ketahanan desa untuk menghadapi berbagai tantangan.

"Ada tiga pilar di dalam desa damai. Pertama, pilar ekonomi, kekuatan ekonomi dengan memberi pelatihan-pelatihan ekonomi," katanya.

Kemudia pilar kedua, yakni pilar kerukunan dan kehidupan sosial lebih harmonis, yaitu bagaimana masyarakat bisa lebih menghargai keberagaman dan kebinekaan, lalu bisa menciptakan komunitas yang damai.

"Ketiga, pilar penguatan perempuan, kita mendukung dengan program pelatihan yang lebih intensif," katanya.

Yenny mengatakan dengan adanya deklarasi itu akan muncul komitmen.

"Kalau sudah ada niat, akan bisa dijalankan walaupun ada hambatan dan tantangan karena deklarasi itu, komitmen semua pihak yang terlibat untuk mewujudkan masyarakat yang makmur, sejahtera, rukun, guyub, kuat, dan menghargai perbedaan," katanya.

Ia mengatakan program desa damai ini sudah berjalan selama empat tahun. Dari 30 desa yang tergabung di Jawa Tengah dan Jawa Timur telah ada 16 desa yang sudah mendeklarasikan desa damai.

 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024