Realisasi investasi di Kulon Progo mencapai Rp337,39 miliar

id Kulon Progo,investasi,Bandara Internasional Yogyakarta,pandemi COVID-19

Realisasi investasi di Kulon Progo mencapai Rp337,39 miliar

Bandara Internasional Yogyakarta. (Foto ANTARA/Sutarmi)

Kulon Progo (ANTARA) - Realisasi investasi di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), pada Januari hingga September 2021 ini mencapai Rp337,39 miliar, yang didominasi oleh hotel dan restoran.

"Capaian investasi di Kulon Progo pada 2021 ini terbesar kedua di DIY, setelah Sleman sebesar Rp1,415 triliun dari sektor perumahan, kawasan industri dan perkantoran," kata Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (DPMPT) Kulon Progo Agung Kurniawan di Kulon Progo, Rabu.

Ia mengakui saat ini di Kulon Progo ada tren tumbuhnya investasi perhotelan dan restoran seiring telah beroperasinya Bandara Internasional Yogyakarta. Ada sedikitnya empat hotel yang dibangun di Kulon Progo sampai saat ini.

"Bandara Internasional Yogyakarta menjadi daya tarik masuknya investor ke Kulon Progo, salah satunya yang bergerak di sektor jasa perhotelan," katanya.

Namun demikian, Agung mengakui pada masa pandemi COVID-19 ini minat investasi di Kulon Progo menurun drastis dibandingkan sebelum pandemi. Beberapa investor menunda kedatangan untuk melakukan studi kelayakan.

"Kami sudah berupaya melakukan promosi dan memberikan kemudahan berinvestasi, namun pandemi ini membuat investor tetap menunda berinvestasi," katanya.

Sementara itu anggota Komisi I DPRD Kulon Progo Upiyo Al Hasan menilai Pemkab Kulon Progo belum optimal menangkap peluang investasi dengan alasan terganjal belum selesainya RTRW DIY, sehingga megaproyek yang ada di Kulon Progo ini  belum berdampak signifikan bagi masyarakat atau belum mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi di wilayah ini.

"Mulai sekarang kami berharap Pemkab Kulon Progo merespons dengan cepat, baik regulasi, kebijakannya dan kesiapan SDM dalam menangkap peluang megaproyek di Kulon Progo," katanya.
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024