Kemensos menyerahkan bantuan anak yatim piatu korban COVID-19 di Sleman

id Yatim piatu ,Yatim korban COVID-19 ,Piatu korban COVID-19 ,Kemensos ,Bupati Sleman Kustini ,Kabupaten Sleman ,Bantuan an

Kemensos menyerahkan bantuan anak yatim piatu korban COVID-19 di Sleman

Kementerian Sosial Republik Indonesia melalui Balai Rehabilitasi Sosial Anak yang Memerlukan Perlindungan Khusus (BRSAMPK) Antasena menyerahkan bantuan nutrisi bagi 284 anak yatim/piatu/yatim piatu korban COVID-19 di Kabupaten Sleman. Foto ANTARA/HO-Pemkab Sleman

Sleman (ANTARA) - Kementerian Sosial Republik Indonesia melalui Balai Rehabilitasi Sosial Anak yang Memerlukan Perlindungan Khusus (BRSAMPK) Antasena menyerahkan bantuan nutrisi bagi 284 anak yatim/piatu/yatim piatu korban COVID-19 di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Bantuan secara simbolis diserahkan Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo kepada 20 perwakilan anak dan didampingi Kepala BRSAMPK Antasena, Kepala Dinas Sosial DIY beserta Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sleman bertempat di Pendopo Parasamya Kabupaten Sleman, Jumat.



Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sleman Eko Suhargono mengatakan bantuan berupa nutrisi dan uang tabungan ini merupakan tindak lanjut dari surat permohonan Bupati Sleman tanggal 17 Agustus 2021 pada Kementerian Sosial terkait permohonan bantuan bagi anak-anak Sleman yang orang tuanya meninggal akibat COVID-19.

"Kami mengajukan 435 anak, setelah dilakukan verifikasi dan validasi akhirnya di realisasi 284 anak," kata Eko.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo berterima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Kemensos RI pada anak-anak di Kabupaten Sleman. Bantuan ini merupakan kepedulian bersama dalam menghadapi pandemi COVID-19 untuk saling menguatkan.

"Kita merasakan bersama dampak pandemi ini, saya harap bantuan ini dapat membantu anak-anak Sleman yang kehilangan orang tua akibat COVID-19," katanya.

Bupati Sleman berpesan agar anak-anak Sleman yang telah kehilangan orang tua akibat COVID-19 untuk tetap tegar dan semangat.

"Anak-anakku semua jangan berkecil hati, tetap semangat dan terus belajar untuk meraih mimpi," katanya.

Kepala BRSAMPK Antasena Sumarno Sri Wibowo mengatakan bahwa dari data 435 anak yang diajukan, 284 sudah selesai dan mendapatkan bantuan dari Kemensos, sementara itu sisanya masih dalam proses verifikasi dan validasi.



Bantuan yang diberikan dari Kemensos tersebut merupakan program Asistensi Rehabilitasi (Atensi).

"Filosofi program ini meliputi tiga hal, yaitu pengasuhan terbaik yang paling aman, yakni ada di keluarga. Kedua, pengasuhan berbasis pada komunitas. Jika keluarga belum bisa, maka bergeser pada komunitas yang ada di masyarakat," kata Sumarno.

Namun, menurutnya, ketika dua instrumen tersebut tidak mempunyai kemampuan baru pengasuhan berada di residensial atau di balai, LKSA, LKS, panti, atau dimana pun yang ciri utamanya anak anak dapat beristirahat atau tidur di situ.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024