1.000 pelaku seni dan budaya Bantul telah divaksin lengkap

id Dinas Kebudayaan

1.000 pelaku seni dan budaya Bantul telah divaksin lengkap

Kepala Dinas Kebudayaan Bantul Nugroho Eko Setyanto (ANTARA/Hery Sidik)

Kami berharap dengan vaksinasi ini akan melindungi teman-teman kita pelaku seni di Bantul, karena pelaku seni ini merupakan aset budaya yang nantinya akan bersama-sama dengan kita untuk memajukan kebudayaan di Kabupaten Bantul.
Bantul (ANTARA) - Sebanyak 1.000 pelaku seni dan budaya serta keluarga mereka di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta telah mengikuti vaksinasi COVID-19 hingga dosis kedua yang diadakan Dinas Kebudayaan DIY.

Kepala Dinas Kebudayaan Bantul Nugroho Eko Setyanto dalam siaran pers pemkab pada kegiatan Vaksin Gencar COVID-19 Ambyar di Pasar Seni Gabusan Bantul, Selasa, mengatakan vaksinasi dengan sasaran 1.000 pelaku seni dan budaya Bantul ini merupakan vaksinasi lanjutan kerja sama Dinas Kebudayaan DIY dengan Bantul.

"Kami berharap dengan vaksinasi ini akan melindungi teman-teman kita pelaku seni di Bantul, karena pelaku seni ini merupakan aset budaya yang nantinya akan bersama-sama dengan kita untuk memajukan kebudayaan di Kabupaten Bantul," kata dia.

Baca juga: Kasus aktif COVID-19 di Bantul menurun

Dia mengatakan dengan telah divaksin lengkap, harapannya para pelaku seni dan budaya terhindar dari penularan COVID-19 dan tetap bisa berkarya dan menggeliatkan kembali kesenian dan kebudayaan walaupun di tengah pandemi.

"Nantinya bila pelonggaran-pelonggaran PPKM dilaksanakan, tentunya pelaku seni dan budaya dapat kembali beraktivitas secara luring dengan aman dan nyaman, yang tentunya tetap tidak meninggalkan protokol kesehatan," katanya.

Baca juga: Bantul menggencarkan vaksinasi COVID-19 masyarakat daerah urban

Dia menyebut pelaku seni dan budaya yang menjadi sasaran vaksinasi tersebut, antara lain anggota kelompok kesenian ketoprak, karawitan, serta anggota Persatuan Pedalangan Indonesia, yang berkarya dan tinggal di Bantul.

Berdasarkan data Satgas Penanggulangan COVID-19 Bantul, total kasus konfirmasi positif di Bantul secara komulatif hingga data terakhir Senin (4/10) sebanyak 56.720 orang, dengan telah dinyatakan sembuh sebanyak 54.929 orang.

Kasus konfirmasi COVID-19 yang meninggal totalnya berjumlah 1.558 orang, sehingga kasus aktif atau pasien masih terinfeksi yang menjalani karantina dan isolasi di wilayah Bantul masih 233 orang.
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024