Gugus Tugas COVID-19 Kulon Progo mempercepat vaksinasi di Bukit Menoreh

id lansia,vaksinasi,COVID-19,Kulon Progo,Gugus Tugas COVID-19 Kulon Progo percepat vaksinasi,percepat vaksinasi di Bukit Me

Gugus Tugas COVID-19 Kulon Progo mempercepat vaksinasi di Bukit Menoreh

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kulon Progo Fajar Gegana. (ANTARA/Sutarmi)

Kulon Progo (ANTARA) - Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, menpercepat vaksinasi COVID-19 lansia yang ada di kawasan Bukit Menoreh yang memiliki letak geofrafis terjal, sehingga harus dilakukan dari pintu ke pintu.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Kulon Progo Fajar Gegana di Kulon Progo, Senin, mengatakan, hingga saat ini capaian vaksinasi terhadap lansia baru mencapai 57,30 persen atau 36.117 dari target 37.277 sasaran.

"Capaian vaksinasi COVID-19 di wilayah Perbukitan Menoreh tergolong rendah karena kondisi geografis yang berada di wilayah tinggi. Untuk itu, program vaksinasi COVID-19 dengan menggunakan mekanisme dari pintu ke pintu," kata Fajar.

Ia mengatakan, sampai saat ini capaian vaksinasi dosis pertama secara total di Kabupaten Kulon Progo mencapai 264.775 atau 77,30 persen. Capaian vaksinasi COVID-19 di wilayah Kabupaten Kulon Progo sudah melampaui target nasional.

Saat ini, vaksinasi difokuskan di wilayah-wilayah dataran tinggi seperti di Kecamatan Kokap, Samigaluh, Girimulyo dan Kalibawang. Di wilayah tersebut, akses transportasi terbatas, sehingga banyak warga yang belum mendapatkan vaksin COVID-19. Pihaknya menggandeng TNI maupun Polri. Diharapkan, vaksinasi COVID-19 dari pintu ke pintu mampu berdampak signifikan terhadap capaian vaksinasi COVID-19 di kalangan lansia, dan masyarakat di kawasan Bukit Menoreh.

"Terlebih, masyarakat banyak yang beraktivitas di kebun. Mereka kesulitan jika harus meninggalkan lahan pertaniannya untuk mengakses vaksinasi COVID-19," katanya.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Kulon Progo Baning Rahayujati, mengatakan, vaksinasi COVID-19 di wilayah ini targetnya mencapai 342.720. Vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Kulon Progo dosis pertama telah mencapai 264.775 atau 77,30 persen.

"Sedangkan, dosis kedua vaksinasi COVID-19 telah mencapai 178.596 atau sekitar 52,10 persen. Dosis ketiga mencapai 2.990 atau sekitar 0,87 persen," katanya.