Yogyakarta mulai fokus menuntaskan vaksinasi dosis kedua

id vaksinasi,dosis kedua,yogyakarta

Yogyakarta mulai fokus menuntaskan vaksinasi dosis kedua

Dokumentasi - Vaksinasi COVID-19 di Kecamatan Kotagede Yogyakarta (29/9/21) (ANTARA/Eka AR)

Yogyakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Yogyakarta mulai fokus untuk menuntaskan vaksinasi COVID-19 dosis kedua usai menyatakan tuntas vaksinasi dosis pertama kepada seluruh warga kota tersebut tepat pada peringatan hari ulang tahun ke-265 Kota Yogyakarta pada 7 Oktober 2021.

“Meskipun sudah ada deklarasi tuntas vaksin, program vaksinasi tetap berjalan karena masih harus menyelesaikan dosis kedua,” kata Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi di Yogyakarta, Senin.

Menurut Heroe yang juga menjabat sebagai Ketua Harian Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Yogyakarta, vaksinasi dosis kedua diharapkan sudah dapat diselesaikan pada Desember 2021.

“Sudah ada aturan jarak pemberian vaksinasi dosis pertama dengan dosis kedua. Makanya, kami berharap sebelum akhir tahun ini vaksinasi dosis kedua sudah bisa selesai,” katanya.

Saat ini, lanjut dia, pelaksanaan vaksinasi di Kota Yogyakarta tetap dilayani di sentra vaksinasi XT-Square dan layanan reguler di 18 puskesmas, 13 rumah sakit, dan klinik.

Total warga Kota Yogyakarta yang memenuhi syarat untuk divaksin atau berusia lebih dari 12 tahun tercatat sekitar 350.000 orang. Namun hingga awal Oktober, Kota Yogyakarta sudah melakukan vaksinasi kepada lebih dari 589.000 warga dan sekitar 400.000 di antaranya sudah menyelesaikan vaksinasi dosis kedua

“Jumlah tersebut sudah termasuk warga dari luar Kota Yogyakarta, misalnya dari Kabupaten Sleman dan Bantul yang ikut menjalani vaksinasi di Yogyakarta karena sehari-hari beraktivitas di sini,” katanya.

Meskipun saat ini fokus pada penyelesaian vaksinasi dosis kedua, namun Heroe menyebut masih ada warga Kota Yogyakarta yang belum mendapat vaksinasi disebabkan berbagai hal, seperti belum memenuhi syarat kesehatan, seperti hipertensi dan penyakit komorbid lainnya atau baru sembuh dari COVID-19.


“Untuk warga yang komorbid diharapkan rutin memeriksakan kondisi kesehatan di puskesmas setempat supaya terpantau. Jika sudah memenuhi syarat untuk vaksin, maka bisa segera mengakses layanan di puskesmas tersebut,” katanya.

Sedangkan untuk penyintas akan divaksin minimal sebulan setelah sembuh jika bergejala ringan dan minimal tiga bulan untuk bergejala berat.

Sebelumnya, Camat Kotagede Rajwan Taufiq mengatakan pihaknya menyiapkan layanan vaksinasi rutin tiap Rabu di kantor kecamatan tersebut sehingga masyarakat dapat mengakses layanan vaksinasi yang lebih dekat dengan tempat tinggal mereka.

Total warga yang menjadi sasaran vaksinasi di kecamatan tersebut sekitar 28.000 orang, namun pada akhir September masih ada sekitar 10 persen yang belum bisa divaksin karena berbagai sebab, seperti kondisi kesehatan dan penyintas.

Kecamatan Kotagede menjadi kecamatan pertama di Kota Yogyakarta yang menyatakan tuntas vaksinasi. Deklarasi dinyatakan pada 29 September 2021.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024