Erick Thohir: SDM kunci utama menjaga kesinambungan Indonesia ke depan

id menteri bumn,erick thohir,sdm,indonesia

Erick Thohir: SDM kunci utama menjaga kesinambungan Indonesia ke depan

Menteri BUMN Erick Thohir. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/hp.

Jakarta (ANTARA) - Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan sumber daya manusia (SDM) atau human capital menjadi kunci utama dalam menjaga kesinambungan Indonesia ke depan.

"Sumber daya manusia akan menjadi kunci utama untuk menjaga kesinambungan Indonesia ke depan," ujar Erick Thohir saat memberikan Kuliah Umum Kebangsaan secara daring di Universitas Airlangga, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (12/10).

Menurut Menteri BUMN, selama ini Indonesia mempunyai dua kekuatan yang namanya pasar (market) dan sumber daya alam. Akan tetapi, tidak pernah menyadari justru kekuatan bangsa Indonesia itu adalah rakyat Indonesia itu sendiri.

Erick Thohir juga menambahkan bahwa Indonesia saat ini mengalami situasi yang sangat amat tidak pernah terpikirkan, yakni dengan adanya COVID-19. Virus corona ini juga tidak hanya menggerus kehidupan masyarakat, terutama di kesehatan, tetapi juga berdampak ke ekonomi.

Dalam situasi tersebut, Menteri BUMN mendorong agar semua pihak di Indonesia harus benar-benar mempersiapkan yang namanya pasca-COVID-19.

"Justru kita harus benar-benar mempersiapkan yang namanya pasca-COVID-19, setelah pandemik ini juga yang menentukan sebagai kita game changer. Game changer supaya kita terus menjadi negara besar dan dari data-data yang ada memang pada tahun 2045, itu kita ditargetkan menjadi negara nomor lima terbesar di dunia," katanya.

Buktinya, lanjut Erick, ini pertama kali Indonesia jadi Presiden G20 dan Indonesia menjadi tuan rumah untuk pertemuan G20 pada tahun depan. Ini membuktikan dunia sadar bahwa Indonesia memiliki kekuatan yang luar biasa.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir mengingatkan kembali bahwa salah satu prioritas penting dalam kepemimpinannya, yaitu transformasi sumber daya manusia (SDM) sebagai kunci utama BUMN untuk terus maju, lebih kompetitif, dan siap bersaing.

Hal ini sejalan dengan fungsi BUMN sebagai pencipta lapangan kerja dan penyedia talenta-talenta terbaik untuk Indonesia.

Pegawai Kementerian BUMN juga harus disiapkan dengan baik sebagai salah satu talent source yang dapat ditugaskan untuk memperkuat BUMN-BUMN.

Erick menyebutkan pengembangan talenta termasuk dalam salah satu poin lima prioritas BUMN hingga 2024.
 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2021