Gempa di Pacitan terasa hingga Yogyakarta

id Gempa,Pacitan,Yogyakarta

Gempa di Pacitan terasa hingga Yogyakarta

Ilustrasi- gempa (ANTARA)

Getaran dirasakan oleh beberapa orang. Benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Yogyakarta (ANTARA) - Gempa bumi dengan magnitudo 4.8 di barat daya Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Rabu siang, getarannya terasa di sejumlah wilayah di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Sleman Ikhsan melalui keterangan tertulis di Yogyakarta, Rabu, menjelaskan di wilayah DIY getaran gempa terasa di Kabupaten Gunung Kidul, Bantul, serta Yogyakarta dengan intensitas II MMI.

"Getaran dirasakan oleh beberapa orang. Benda-benda ringan yang digantung bergoyang," kata Ikhsan.

Baca juga: Pemkot Yogyakarta menggelar "Sekati ing Mal" bersamaan pasar malam Sekaten

Memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, menurut dia, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah Lempeng Eurasia di Samudra Hindia, Selatan Jawa.

Ia mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Seorang warga Yogyakarta, Imam Prasetyo mengaku merasakan getaran gempa saat berada di Bantul. Meski hanya sebentar, menurut dia, getaran gempa mampu mengguncang kursi tempat duduknya.

Baca juga: UGM mulai PTM Terkendali pada akhir Oktober

"Kaget saja, pas duduk ngetik mengerjain pekerjaan tiba-tiba kursinya goyang. Meski sebentar dan pelan sempat khawatir saja karena terasa sekali," ujar Imam.
 

Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempa bumi magnitudo 4.8 pada pukul 12.00.47 WIB, berada pada 8,87 Lintang Selatan dan 110,97 Bujur Timur atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 78 km arah barat daya Pacitan, Jawa Timur pada kedalaman 55 km.
 

 

 

Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2021