Satgas COVID-19 Yogyakarta tetap operasionalkan selter isolasi meski kasus COVID turun

id selter,covid-19,yogykarta

Satgas COVID-19 Yogyakarta tetap operasionalkan selter isolasi meski kasus COVID turun

Salah satu selter isolasi untuk penanganan pasien COVID-19 di Kota Yogyakarta, Selter Tegalrejo. (ANTARA/Eka AR)

Yogyakarta (ANTARA) - Sebanyak dua selter isolasi di Kota Yogyakarta untuk penanganan pasien COVID-19 yang selama ini dioperasionalkan tetap akan dibuka meski kasus di kota tersebut mengalami penurunan yang signifikan.

“Tidak ditutup, masih dioperasionalkan meski satu dari dua selter tersebut tidak lagi menerima pasien,” kata Ketua Harian Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Yogyakarta Heroe Poerwadi di Yogyakarta, Rabu.

Selama ini, Kota Yogyakarta mengoperasionalkan dua selter, yaitu Selter Tegalrejo dan Selter Gemawang yang baru dibuka saat terjadi lonjakan kasus COVID-19 di Yogyakarta pada pertengahan Juli lalu.

Selter Tegalrejo yang sudah dioperasionalkan sejak September 2020 dan memiliki kapasitas 84 pasien, hingga saat ini masih menerima pasien untuk menjalani isolasi meski jumlahnya tidak banyak.

“Hanya ada lima pasien yang dirawat di selter tersebut. Untuk di Gemawang memang sudah ‘off’, tidak menerima pasien. Tetapi posisinya 'standby',” katanya.

Tenaga kesehatan di Selter Gemawang pun sudah ditarik dan tempat tersebut saat ini hanya dijaga oleh petugas dari Satpol PP Kota Yogyakarta.

“Karena sifatnya 'standby', jadi jika ada kebutuhan ruang isolasi, maka selter tersebut bisa langsung dioperasionalkan kembali,” katanya.

Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti menyebut tidak ada penutupan selter isolasi sebagai salah satu bentuk antisipasi jika kasus kembali meningkat.

“Tetap ada, tetapi sifatnya 'standby'. Jika ada kasus di wilayah, maka akan segera ditarik ke selter. Saat Selter Tegalrejo penuh, maka akan dialihkan ke Gemawang,” katanya.

Ia menambahkan penurunan kasus di Kota Yogyakarta tidak boleh membuat masyarakat menjadi lengah sehingga melupakan protokol kesehatan dan vaksinasi.

Pada Rabu, Kota Yogyakarta melaporkan tambahan tiga kasus positif COVID-19 dan empat pasien sembuh, serta tidak ada pasien meninggal dunia. Dengan demikian, saat ini masih ada 103 kasus aktif di kota tersebut.
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2021