Bupati Sleman berharap FPPI dapat jadi mitra dalam pemberdayaan perempuan

id Bupati Sleman Kustini ,FPPI Sleman ,Pemberdayaan perempuan ,Kesetaraan gender

Bupati Sleman berharap FPPI dapat jadi mitra dalam pemberdayaan perempuan

Ketua Dewan Pimpinan Cabang Forum  Pemberdayaan Perempuan Indonesia (FPPI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Prof Ir Wiendu Nuryanti melantik kepengurusan DPC FPPI Kabupaten Sleman periode 2021-2026 bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman. Foto ANTARA/HO-Pemkab Sleman

Sleman (ANTARA) - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kustini Sri Purnomo berharap keberadaan Forum Pemberdayaan Perempuan Indonesia (FPPI) dapat menjadi mitra pemerintah dalam program pemberdayaan perempuan.

"Dengan keberadaan FPPI Kabupaten Sleman, saya berharap peran perempuan di daerah ini lebih meningkat, dapat mandiri dan ikut berpartisipasi dalam segala aspek kehidupan, termasuk berperan dalam pembangunan nasional," kata Kustini saat menghadiri pelantikan pengurus FPPI Sleman di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman, Selasa.

Bupati Sleman mengucapkan selamat kepada para pengurus yang telah dikukuhkan sebagai Pengurus FPPI Kabupaten Sleman.



"Pemberdayaan perempuan sangat dibutuhkan untuk membangun kesadaran perempuan terhadap kesetaraan gender agar mampu mengembangkan potensi yang ada pada dirinya," katanya.

Ia mengatakan dengan kemampuan mengembangkan diri tersebut, perempuan dapat mandiri dan berpartisipasi dalam segala aspek kehidupan termasuk pembangunan nasional. "Tidak hanya sebagai ibu rumah tangga, tapi juga punya peran strategis di dalam keluarga, bangsa dan negara," katanya.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang FPPI Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Prof Ir Wiendu Nuryanti melantik kepengurusan DPC FPPI Kabupaten Sleman periode 2021-2026 bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman.

Pelantikan tersebut menandai dimulainya masa kepengurusan DPC FPPI Sleman periode 2021-2026 yang baru dipimpin oleh Inung Marwoso.

Hadir dalam pelantikan tersebut, Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo dan Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto, serta Wakil Ketua I Bidang Organisasi Keanggotaan dan Kaderisasi Titik Priono.

Wiendu Nuryanti berpesan agar kepengurusan yang baru dapat mengemban amanah dengan baik dan benar. Setiap bidang diharapkan dapat menjalankan program kegiatan sesuai yang direncanakan untuk masyarakat DIY, khususnya Kabupaten Sleman.



Menurut dia, tujuan umum FPPI adalah memperjuangkan kesetaraan antara perempuan dan laki-laki dalam aspek hukum, sosial budaya, ekonomi, kesejahteraan, dan meningkatkan harkat martabat perempuan dengan cara meningkatkan pendidikan, usaha dan pengembangannya.

"Berdasarkan tujuan tersebut, prinsip perjuangan FPPI adalah antidiskriminasi, yaitu anti terhadap kebijakan dan tindakan yang membedakan perempuan dari laki-laki dalam berbagai aspek kehidupan sosial dan ekonomi," katanya.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024