Sinergi BCA dan Blibli bangkitkan motivasi mahasiswa tingkatkan keterampilan digital

id digital

Sinergi BCA dan Blibli bangkitkan motivasi mahasiswa tingkatkan keterampilan digital

Kepala Kanwil 2 BCA Gunawan Prayogo (kiri) menghadiri kegiatan vocatalk "E-Compreneur" (ANTARA/HO-BCA)

Yogyakarta (ANTARA) - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) dan Blibli bersinergi membangkitkan motivasi mahasiswa untuk meningkatkan keterampilan digital di tengah era digitalisasi dan pandemi COVID-19.

"Percepatan tren digitalisasi di tengah pandemi COVID-19 kian hari kian dirasakan dan semakin banyak teknologi dan inovasi baru yang hadir. Saat ini, semua generasi pun mau tidak mau harus hidup berdampingan dengan dunia digital," kata Kepala Kanwil 2 BCA Gunawan Prayogo dalam rilis yang diterima Jumat.

BCA pun mencermati kondisi yang dipengaruhi oleh pandemi ini. Sebagai bank swasta nasional BCA ingin merangkul berbagai pihak untuk bangkit bersama, bertahan hidup di tengah pandemi. Kali ini, BCA mendukung kegiatan edukatif yang dilakukan oleh Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada (SV UGM).

Dukungan tersebut diwujudkan dalam kegiatan vocatalk dengan judul "E-Compreneur: Peluang Generasi Muda Membangun Usaha Berbasis Digital" yang bersinergi dengan Blibli dan melibatkan SV UGM pada Jumat (15/10). Kegiatan itu menghadirkan dua orang wirausaha sukses yaitu Joshua Wijaya selaku "owner" Maximall Footwear dan Bintari Saptanti selaku "owner" Bakmi Sundoro.

"Sinergi BCA dan Blibli menjadi suatu sarana yang baik untuk rekan-rekan mahasiswa tumbuh dan berkembang di tengah era digitalisasi ini. Kami memahami adanya pandemi ini membuat terhambatnya penyaluran tenaga kerja maupun wirausaha," kata Gunawan.

Melalui kegiatan ini diberikan materi yang bermanfaat bagi peserta untuk dapat mengembangkan potensi dalam dunia wirausaha, khususnya melalui platform digital. BCA sebagai lembaga perbankan juga memfasilitasi era digitalisasi ini dengan berbagai inovasi pembayaran digital yang komprehensif.

Materi yang dibawakan pembicara mengupas tuntas metode wirausaha menggunakan platform digital, dalam hal ini adalah e-commerce. Selain itu, metode pembayaran digital juga menjadi topik bahasan untuk lebih mengetahui lagi bahwa saat ini banyak pembeli yang memanfaatkan platform digital untuk berbelanja, sehingga dapat meningkatkan potensi meningkatnya omzet penjualan jika menggunakan platform e-commerce.

"Kami berharap melalui kegiatan ini dapat memotivasi rekan-rekan mahasiswa untuk tetap berkarir dan berkarya di tengah situasi yang belum pasti. Semoga kehadiran program dari narasumber inspiratif ini memberikan insight untuk menciptakan bisnis berbasis digital dan e-commerce yang sesuai dengan kebutuhan pasar saat ini," kata Gunawan.

Dekan SV UGM Dr-Ing. Ir. Agus Maryono mengatakan pihaknya menyambut baik upaya yang dilakukan oleh BCA bersama dengan Blibli dalam menyelenggarakan edukasi bagi mahasiswa SV UGM di tengah situasi yang belum pasti ini.

"Kami yakin mahasiswa saat ini masih memiliki optimisme untuk mencapai cita-cita serta semangat berjuang untuk menemukan pekerjaan impian. Wirausaha juga menjadi lapangan kerja yang inovatif serta kreatif saat ini yang dapat menjadi jawaban untuk berbagai pihak," katanya.

Kegiatan ini juga dihadiri Vice President Galeri Indonesia Blibli Andreas Ardian Pramaditya, Plt Wakil Dekan SV UGM Bidang Kerja Sama, Alumni dan Perencanaan Strategis Radhian Krisnaputra dan Manager Unit Kerja Sama, Pelatihan dan Pengembangan Karir SV UGM Saiqa Ilham Akbar.