Bupati Sleman: Kasus siswa positif COVID-19 saat PTM telah ditangani

id Bupati Sleman Kustini ,PTM Sleman ,COVID-19 Sleman ,Kabupaten Sleman ,Sleman

Bupati Sleman: Kasus siswa positif COVID-19 saat PTM telah ditangani

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo. ANTARA/HO-Pemkab Sleman

Sleman (ANTARA) - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kustini Sri Purnomo menegaskan temuan siswa yang positif terpapar COVID-19 dalam tes acak sekolah yang melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM) di salah satu SMP di Pakem telah ditangani sesuai prosedur.

"Terkait temuan tersebut sudah kami tangani, masyarakat jangan panik dan tetap mendisiplinkan protokol kesehatan," kata Kustini Sri Purnomo di Sleman, Sabtu.

Menurut dia, kasus tersebut sudah ditangani dengan melibatkan Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan serta pemangku setempat.

"Intinya orang tua dan siswa tidak perlu panik. Penanganan sudah sesuai prosedur," katanya.

Ia mengatakan, tempat sekolah yang ditemukan kasus positif tersebut sudah ditutup. Langkah penutupan diambil agar sekolah tersebut segera distrerilisasi.

"Saat ini sekolah ditutup sementara. Selanjutnya dilakukan strerilisasi dan tracing dari kasus itu. Dan informasi terkini tidak ada teman sekolah yang positif," katanya.

Kustini mengatakan, dari hasil tracing, anak tersebut diketahui tertular positif COVID-19 dari orang tuanya saat di rumah.

Untuk itu, Kustini mengingatkan pada para orang tua untuk memastikan protokol kesehatan di dalam rumah.

"Percuma juga kalau di sekolah sudah prokes tapi di rumah prokesnya kendor," katanya.

Ia mengatakan, pihaknya memastikan PTM di sekolah lain tetap berjalan seperti biasanya. Namun disamping itu, Pemkab Sleman juga akan melakukan swab sampling lanjutan untuk memastikan tidak ada penyebaran virus COVID-19.

"Kami akan adakan  swab sampling lagi di lima kapanewon (kecamatan). Kami masifkan pemantauan baik dari lapangan maupun tes  swab sampling agar semua aman dan sehat," katanya.
 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024