Informasi ekspor kopi Gayo hingga negosiasi soal Garuda

id Garuda,BUMN,Kopi,Transaksi digital

Informasi ekspor kopi Gayo hingga negosiasi soal Garuda

Pesawat Garuda Indonesia di Bandara Internasional Yogyakarta. ANTARA/Ahmad Wijaya/am.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Minggu (24/10) mulai dari pemerintah melakukan pelepasan ekspor satu kontainer kopi Aceh Gayo Arabica ke Inggris hingga memperjuangkan negosiasi terkait penyelamatan Garuda Indonesia.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. Satu kontainer kopi Gayo diekspor ke Inggris

Kementerian Perdagangan bersama PT Astra International Tbk melakukan pelepasan ekspor satu kontainer kopi Aceh Gayo Arabica ke Inggris dengan nilai sekitar Rp1,4 miliar.

“Kami berkomitmen meningkatkan kapasitas ekspor sekitar 755 desa dalam program DSA agar berdaya saing dan mampu berkompetisi di pasar global,” ujar Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Didi Sumedi.

Berita selengkapnya klik di sini

2. TEI-DE bukukan transaksi 802,38 juta dolar AS

Memasuki hari ketiga, Trade Expo Indonesia ke-36 Digital Edition (TEI-DE) berhasil membukukan capaian transaksi 802,38 juta dolar AS.

Capaian itu sangat membanggakan sehingga target transaksi TEI-DE sebesar 1,5 miliar dolar AS atau Rp21,1 triliun optimistis dapat tercapai.

Berita selengkapnya klik di sini

3. Kemenperin gencarkan e-Smart IKM

Plt Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian Reni Yanita menggencarkan program e-Smart IKM untuk menangkap peluang transaksi daring mengingat nilai transaksi e-commerce Indonesia pada 2020 mencapai Rp266,3 triliun.

“Diharapkan produk-produk IKM nasional memiliki kualitas yang berdaya saing global dengan memanfaatkan platform digital yang ada seperti e-commerce, website dan media sosial,” katanya.

Berita selengkapnya klik di sini

4. Pemerintah dorong "smart grid" untuk tingkatkan penetrasi energi hijau

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral mendorong penggunaan teknologi smart grid atau jaringan listrik pintar untuk meningkatkan penetrasi energi hijau di Indonesia.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana mengatakan smart grid menjadikan sistem pengaturan tenaga listrik lebih efisien dan menyediakan keandalan pasokan tenaga listrik yang tinggi.

Berita selengkapnya klik di sini

5. Kementerian BUMN perjuangkan negosiasi dengan lessor terkait Garuda

Kementerian BUMN sedang memperjuangkan proses negosiasi dengan para pemberi sewa pesawat atau lessor dan pemilik piutang terkait penyelamatan Garuda Indonesia.

"Terkait soal Garuda Indonesia, Garuda ini sebenarnya kita lagi proses negosiasi. Kita berharap negosiasinya berhasil," ujar Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga.

Berita selengkapnya klik di sini

 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021