Bangun PLTS, UAD bantu warga cukupi kebutuhan air

id plts

Bangun PLTS, UAD bantu warga cukupi kebutuhan air

Peresmian PLTS UAD di Kelurahan Serut, Gunung Kidul (ANTARA/HO-UAD)

Yogyakarta (ANTARA) - Universitas Ahmad Dahlan (UAD) membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Kelurahan Serut, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), untuk membantu warga mencukupi kebutuhan air bersih.

"PLTS digunakan untuk menghidupkan pompa guna mengalirkan air dari sumur ke bak penampungan dan selanjutnya didistribusikan ke rumah-rumah warga," kata Rektor UAD Dr Muchlas MT pada peresmian PLTS di Gunung Kidul, Kamis.

Menurut dia, PLTS merupakan bentuk semangat UAD untuk mengembangkan energi terbarukan. Kemampuannya 5.000 Watt Peak (Wp) atau setara 5Kw yang cukup untuk menggerakkan pompa air.

"Adanya PLTS juga menunjukkan kalau UAD memiliki komitmen pada pemberdayaan masyarakat, khususnya dalam pengembangan energi terbarukan," kata Muchlas.

Ia berharap pembangunan PLTS memberikan dampak besar bagi masyarakat khususnya dalam efisiensi penggunaan biaya listrik.  Dari data yang dihimpun tim pengabdian selama dua bulan menunjukkan efisiensi atau penghematan yang luar biasa.

Dari yang semula menggunakan listrik PLN dengan biaya sekitar Rp1,2 juta turun menjadi Rp11 ribu. Saat ini sudah ada 30 kepala keluarga (KK) yang mendapat air bersih dari PLTS UAD.

"PLTS tersebut digagas dosen UAD sebagai program pengabdian kepada masyarakat dengan dukungan dari Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN)," kata Muchlas.

Bupati Gunung Kidul Sunaryanta mengatakan, sebelum gempa bumi tahun 2006, Kapanewon (Kecamatan) Gedangsari memiliki banyak sumber mata air. Pascabencana kini tinggal empat mata air sehingga setiap musim kemarau masyarakat selalu kekurangan air bersih.

"Bantuan PLTS dari UAD sangat membantu masyarakat Kelurahan Serut dalam mendapatkan air. Kami berterima kasih kepada UAD yang telah menghibahkan PLTS. Semoga ke depan tidak hanya mengaliri 30 KK, tetapi bisa lebih banyak lagi," kata Sunaryanta.