Sasaran vaksinasi usia 6-11 tahun di Yogyakarta mencapai 40.000 anak

id vaksinasi,anak 6-11 tahun,yogyakarta

Sasaran vaksinasi usia 6-11 tahun di Yogyakarta mencapai 40.000 anak

Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Emma Rahmi Aryani (ANTARA/Eka AR)

Yogyakarta (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta menyebut ada sekitar 40.000 anak berusia 6-11 tahun yang menjadi sasaran vaksinasi COVID-19, apabila sudah ada ketentuan dan kejelasan aturan dari pemerintah pusat terkait pelaksanaannya.

“Jumlah tersebut kami peroleh dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta. Artinya, jumlah tersebut adalah siswa berusia 6-11 tahun yang bersekolah di Yogyakarta tanpa membedakan asal kependudukan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Emma Rahmi Aryani di Yogyakarta, Rabu.



Meskipun sudah mengantongi jumlah potensial anak yang bisa menjadi sasaran vaksinasi COVID-19, Emma belum bisa melaksanakan program tersebut, karena belum ada arahan dari pemerintah pusat.

“Memang sudah ada pernyataan yang memungkinkan jika vaksin Sinovac dinyatakan aman digunakan untuk anak usia 6-11 tahun. Tetapi, belum ada petunjuk lain, jadi belum kami lakukan,” katanya.

Namun demikian, Emma memastikan seluruh petugas kesehatan siap diterjunkan untuk mendukung pelaksanaan vaksinasi anak 6-11 tahun apabila sudah diizinkan.

“Program vaksinasi ini memang terus berkembang. Dari awalnya hanya untuk warga berusia lebih dari 18 tahun, lalu diizinkan untuk anak berusia lebih dari 12 tahun dan kini diizinkan untuk anak berusia lebih dari enam tahun,” katanya.

Sementara itu, Ketua Harian Satgas Penanganan COVID-19 Yogyakarta Heroe Poerwadi mengatakan segera meminta Dinas Kesehatan untuk mengatur ketersediaan vaksin apabila sudah ada ketentuan terkait vaksinasi untuk anak 6-11 tahun.



“Pendataan harus dilakukan secepatnya karena akan mempengaruhi pada kebutuhan vaksin yang harus disediakan,” katanya.

BPOM pada Senin (1/11) menerbitkan izin penggunaan darurat vaksin Sinovac untuk anak 6-11 tahun yang akan diberikan dalam dua dosis atau dua kali suntikan.

Berdasarkan data Satgas Penanganan COVID-19, pada 1 November 2021, kasus COVID-19 pada anak mencapai 13 persen dari total kasus secara nasional.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024