Polres Gunung Kidul meningkatkan pengamanan JJLS menuju objek wisata

id jalur jalan lintas selatan,Gunung Kidul,Polres Gunung Kidul,objek wisata pantai

Polres Gunung Kidul meningkatkan pengamanan JJLS menuju objek wisata

Polres Gunung Kidul tingkatkan patroli di Jalur Jalan Lintas Selatan. (ANTARA/HO-Humas Polres Gunung Kidul)

Gunung Kidul (ANTARA) - Kepolisian Resor Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, meningkatkan pengamanan, pengawasan, dan patroli di Jalur Jalan Lintas Selatan menuju objek wisata pantai untuk menekan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Kapolres Gunung Kidul AKBP Aditya Galayudha Ferdiansyah di Gunug Kidul, Jumat, mengatakan pihaknya telah menginstruksikan jajarannya untuk meningkatkan keamanan di Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) yang menuju kawasan pantai.

"Langkah ini sebagai upaya menekan gangguan keamanan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang akhir-akhir ini marak terjadi. Ada beberapa kejadian, khususnya saat libur akhir pekan. Terakhir, kaca mobil warga pecah karena dilempar batu oleh rombongan pemotor yang melintas,” kata Aditya.

Ia mengatakan gangguan kamtibmas di JJLS bukan hanya aksi pelemparan batu. Satu minggu sebelumnya ada gangguan lain berkaitan dengan rombongan pemotor saat menuju atau pulang dari kawasan pantai.

Untuk itu, ia meminta jajarannya, khususnya polsek di JLLS untuk meningkatkan patroli keamanan yang bertujuan mengurangi risiko aksi meresahkan warga yang dapat menimbulkan gangguan kamtibmas.

"Kamtibmas di sepanjang JJLS memang perlu ada antisipasi dengan meningkatkan pengamanan. Kalau memang ada potensi pelanggaran, maka harus ditindak sesuai dengan aturan yang berlaku,” katanya.

Aditya mengatakan sepanjang JJLS sudah mulus dan lebar. Selain itu, JJLS diproyeksikan menjadi jalur utama menuju objek wisata pantai sehingga perlu mendapat perhatian serius seluruh jajaranya.

"Jangan sampai sektor pariwisata menurun karena adanya gangguan kamtibmas. Kami minta personel untuk tidak melakukan tindakan yang bersifat kontradiktif atau melawan aturan. Kinerja dari kepolisian akan terus disorot sehingga bisa merugikan institusi," imbaunya.

Salah seorang warga Kelurahan Jetis, Saptosari, Sumanto mengatakan aksi rombongan pemotor sangat meresahkan. Selain membleyer kendaraan yang ditunggangi, rombongan sering memenuhi badan jalan sehingga mengganggu pengendara lainnya.

"Kami berharap aparat kepolisian untuk meningkatkan patroli keamanan. Apalagi pariwisata sudah dibuka sehingga intensitas pengendara semakin banyak, khususnya saat libur akhir pekan,” katanya.