Bulgaria catat rekor tewas harian COVID-19

id Bulgaria,rekor kematian COVID,Negara Balkan

Bulgaria catat rekor tewas harian COVID-19

Arsip - Petugas medis merawat pasien COVID-19 di ruang perawatan intensif (ICU) rumah sakit Pirogov di Sofia, Bulgaria, 15 Oktober 2021. (ANTARA/Reuters/as)

Sofia (ANTARA) - Pemerintah Bulgaria mencatat rekor kematian harian COVID-19 pada Selasa saat negara dengan jumlah penerima vaksin paling sedikit di Uni Eropa itu bergelut dengan gelombang keempat pandemi.

Menurut data resmi, kasus infeksi baru berjumlah 5.286, turun dari puncaknya pada akhir Oktober. Sementara yang meninggal karena COVID-19 mencapai 334 orang, angka kematian harian tertinggi sejak awal pandemi.

Tercatat, ada 8.500 lebih pasien dirawat inap, termasuk 734 pasien di ruang perawatan intensif (ICU).

Negara Balkan itu memberlakukan pas kesehatan di sebagian besar tempat tertutup bulan lalu dalam upaya menekan penyebaran infeksi sekaligus mempercepat vaksinasi. Hanya 30 persen dari populasi orang dewasa di Bulgaria yang sudah divaksin.

Berdasarkan data, lebih dari 250.000 orang telah menerima dosis pertama vaksin COVID-19 sejak pas kesehatan diwajibkan mulai 21 Oktober.

Banyak warga Bulgaria yang masih meragukan vaksin di tengah ketidakpercayaan yang 'mendarah daging' terhadap lembaga pemerintah, disinformasi dan pesan kontrakdiktif dari para politisi dan pakar menjelang pemilihan parlemen ketiga tahun ini pada 14 November.

Sumber: Reuters
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024