Zona hijau penyebaran COVID-19 di Kulon Progo mencapai 99,75 persen

id COVID-19,zona hijau,Kulon Progo

Zona hijau penyebaran COVID-19 di Kulon Progo mencapai 99,75 persen

Juru Bicara Gugus Tugas Pencegahan COVID-19 Kulon Progo Baning Rahayujati. ANTARA/Sutarmi

Kulon Progo (ANTARA) - Zona hijau penyebaran COVID-19 di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, hingga Selasa sudah mencapai 99,75 persen atau sebanyak 4.467 Rukun Tetangga dari total 4.478 Rukun Tetangga.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kulon Progo Baning Rahayujati di Kulon Progo mengatakan sejak akhir September, di Kabupaten Kulon Progo sudah tidak ada lagi zona oranye dan merah penyebaran COVID-19.

"Saat ini, zona kuning penyebaran COVID-19 tinggal 0,25 persen atau 11 Rukun Tetangga (RT) dari total 4.478 Rukun Tetangga," kata Baning.

Ia mengatakan zona kuning penyebaran COVID-19 tersebar di Wates sebanyak tiga RT, Panjatan tiga RT, Galur, Kalibawant dan Lendah masing-masing satu RT, dan Kokap dua RT. Kemudian kecamatan zona hijau tidak ada zona kuning, yakni Temon, Sentolo, Pengasih, Girimulyo, Nanggulan dan Samigaluh.

"Kami optimistis di Kabupaten Kulon Progo akan segera masuk zona hijau 100 persen, bila masyarakat patuh dan taat pada protokol kesehatan," kata Baning.

Baning mengatakan hari ini, penambahan kasus harian COVID-19 juga nihil. Adapun total kasus COVID-19 selama pandemi sebanyak 22.078 kasus dengan rincian 17 isolasi, 21.625 selesai isolasi, dan 436 meninggal dunia.

"Kasus aktif, baik yang masih dirawat di rumah sakit dan menjalani isolasi mandiri sebanyak 17 kasus," katanya.

Sementara itu, Bupati Kulon Progo Sutedjo mengimbau kepada masyarakat untuk disiplin dan taat terhadap protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

"Saat ini, kasus COVID-19 di Kulon Progo sudah melandai. Semoga semakin baik, dan COVID-19 segera menghilang," katanya.