Shin: Egy Maulana-Elkan Baggott bisa bermain pada Piala AFF 2020

id piala aff,timnas indonesia,shin taeyong,elkan baggott,egy maulana vikri

Shin: Egy Maulana-Elkan Baggott bisa bermain pada Piala AFF 2020

Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong (kedua dari kanan) memberikan instruksi dalam latihan tim nasional Indonesia di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (7/5/2021). Timnas Indonesia akan menjalani tiga laga terakhir Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 yang seluruhnya berlangsung terpusat di Uni Emirat Arab (UEA) pada Juni 2021. (ANTARA/HO/PSSI)

Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong menyatakan Egy Maulana Vikri dan Elkan Baggott bisa bermain dalam Piala AFF 2020 yang berlangsung mulai Desember 2021 di Singapura.

"Elkan dan Egy sudah mendapatkan izin (dari klub) untuk bermain dalam Piala AFF," kata Shin usai memimpin latihan skuadnya di Lapangan B Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa.

Sebelumnya, beredar kabar Egy dan Elkan tak diperbolehkan berlaga dalam Piala AFF 2020 oleh klub masing-masing yaitu FK Senica di Slovakia dan Ipswich Town di Inggris.

Hal tersebut lantaran Piala AFF 2020 tidak berlangsung saat hari pertandingan FIFA atau "FIFA match day".

"Saya bingung informasi itu (soal Egy dan Elkan tak diizinkan ke Piala AFF 2020) datang dari mana," kata Shin.

Meski tak dilangsungkan pada "FIFA match day", Piala AFF sebenarnya sudah diakui oleh FIFA sebagai turnamen berkategori A sejak 2016.

Itu artinya, tim-tim yang berpartisipasi di sana akan mendapatkan poin dalam peringkat FIFA jika mendulang kemenangan.



Nama Egy dan Elkan saat ini masuk daftar pemain timnas Indonesia yang mengikuti pemusatan latihan (TC) persiapan Piala AFF 2020.

Keduanya diproyeksikan berlaga pada pertandingan persahabatan internasional FIFA melawan Afghanistan, Selasa (16/11), dan Myanmar, Kamis (25/11), di Turki.

Pada Piala AFF 2020, Indonesia berada di Grup B bersama Vietnam, Malaysia, Laos dan Kamboja.

Laga perdana Indonesia dalam kompetisi tersebut berlangsung pada 9 Desember 2021, melawan Kamboja.

Berikutnya Indonesia menghadapi Laos pada 12 Desember 2021, Vietnam tiga hari kemudian dan Malaysia pada Minggu 19 Desember 2021.

Semua laga timnas Indonesia diadakan di Stadion Bishan, Singapura. Piala AFF 2020 memang digelar secara terpusat lantaran pandemi COVID-19.

Adapun Grup A Piala AFF 2020 dihuni Thailand, Myanmar, Filipina, Singapura dan Timor Leste.
 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024