Pemain keturunan Indonesia perkuat timnas

id timnas indonesia,piala aff,shin taeyong,elkan baggott,jordi amat

Pemain keturunan Indonesia perkuat timnas

Pemain Timnas Indonesia berlatih di Lapangan B, Senayan, Jakarta, Selasa (9/11/2021). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/hp

Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong mengakui bahwa dirinya menginginkan beberapa pemain keturunan Indonesia yang merumput di luar negeri untuk memperkuat skuadnya.

Namun, setelah memimpin latihan timnas di Lapangan B Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (9/11) malam, Shin mengatakan bahwa keinginannya itu belum terwujud lantaran PSSI belum memprosesnya.

"Jadi memang sangat disayangkan," kata juru taktik asal Korea Selatan itu.

Meski demikian, Shin menyebut bahwa dirinya terus berkomunikasi dengan PSSI terkait hal tersebut.

Satu hal yang pasti, pemain yang diincar adalah mereka yang memiliki ikatan darah dengan orang Indonesia.

"Statusnya bukan naturalisasi karena memiliki darah Indonesia. Pemain seperti itu pasti bisa memperkuat tim nasional. Namun kami harus berbicara dahulu dengan PSSI," tutur Shin.

Dalam kesempatan yang sama, Shin Tae-yong menanggapi kabar soal keinginan pesepak bola berpaspor Spanyol, Jordi Amat untuk membela timnas Indonesia.

Jordi, yang berposisi bek tengah dan kini memperkuat klub Belgia, KAS Eupen, mengeklaim bahwa dirinya berdarah Indonesia, tepatnya Sulawesi Utara, dari orang tua ibunya.

"Untuk Jordi ini, saya baru pertama kali mendengarnya," kata Shin.

Di timnas terkini, yang disiapkan untuk Piala AFF 2020, ada satu pemain keturunan Indonesia dari luar negeri yakni Elkann Baggott. Elkan, yang merumput di klub Inggris, Ipswich Town, beribu orang Indonesia sementara ayahnya berdarah Inggris.

Bek tengah berusia 19 tahun itu mendapatkan KTP perdananya sebagai warga negara Indonesia pada Selasa (9/11).

Elkan bersama rekan-rekannya di timnas Indonesia tengah menjalani persiapan menuju Piala AFF 2020 yang dimulai Desember 2021. Pemusatan latihan (TC) berlangsung di Jakarta dan Turki.

Di Turki, selain berlatih, timnas Indonesia juga akan menunaikan pertandingan persahabatan internasional FIFA kontra Afghanistan, Selasa (16/11), dan Myanmar, Kamis (25/11).

Sementara itu di Piala AFF 2020, Indonesia yang bergabung di Grup B bersama Vietnam, Malaysia, Kamboja dan Laos, akan menjalani laga perdananya pada 9 Desember 2021 kontra Kamboja.

Berikutnya Indonesia menghadapi Laos pada 12 Desember 2021, Vietnam tiga hari kemudian dan Malaysia pada Minggu 19 Desember 2021.

Semua pertandingan timnas Indonesia dilaksanakan di Stadion Bishan, Singapura. Piala AFF 2020 memang digelar secara terpusat lantaran pandemi COVID-19.



 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024