370 personel polisi disiapkan kawal laga derbi Mataram Persis-PSIM

id derbi mataram,persis versus psim,stadion manahan,polres kota surakarta

370 personel polisi disiapkan kawal laga derbi Mataram Persis-PSIM

Kepala Polresta Surakarta Kombes Pol Ade Safri Simanjutak (tengah) didampingi Wakapolresta Surakarta AKBP Gatot Yulianto (kiri) dan Kasat Lantas Kompol Adityawarman Gautama Putra (kanan) saat memberikan keterangan di Mapolresta Surakarta, Senin (15/11/2021). ANTARA/Bambang Dwi Marwoto.

Kami sudah berkoordinasi dengan Polres-Polres perbatasan baik menuju ke arah Solo maupun Yogyakarta di mana cara bertindak dengan penyekatan akan dilakukan di batas kota, sebagai antisipasi pergerakan suporter baik dari arah Yogyakarta maupun ke Solo
Solo (ANTARA) - Polres Kota Surakarta, Jawa Tengah, menyiapkan sebanyak 370 personel untuk menjamin keamanan pertandingan sepak bola derbi Mataram antara Persis Solo melawan PSIM Yogyakarta dalam laga lanjutan Liga 2 musim 2021 di Stadion Manahan, Jawa Tengah, Senin malam.

Menurut Kepala Polresta Surakarta Komisaris Besar Polisi Ade S Simanjutak Polresta Surakarta telah menurunkan 370 personel yang mengawal jalannya pertandingan derbi Mataram Persis lawan PSIM baik di ring pertama Stadion Manahan hingga ring di luar stadion.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Polres-Polres perbatasan baik menuju ke arah Solo maupun Yogyakarta di mana cara bertindak dengan penyekatan akan dilakukan di batas kota, sebagai antisipasi pergerakan suporter baik dari arah Yogyakarta maupun ke Solo Raya menuju Stadion Manahan Solo," kata Kapolres.

Baca juga: Persis bertekad tampil tanpa beban melawan PSIM

Kapolres mengingatkan pertandingan derbi Mataram masih tetap tanpa penonton sehingga, suporter dapat mendukung dari rumah saja.

Permberlakuan pengamanan di kawasan Stadion Manahan Solo, kata Kapolres, juga dilakukan empat ring yakni pertama di dalam stadion yang dibatasi jumlah personel pengamanan, ring kedua tempat olahraga berlari, ketiga kawasan Manahan dilakukan dengan mobiling memantau setiap orang yang tidak berkepentingan masuk ke ring tiga, dan keempat di luar pagar Manahan.

"Kami juga melakukan penguatan pengamanan di dua tempat menginap dua kesebelasan yang akan bertanding nanti baik Persis maupun PSIM," katanya.

Baca juga: PSIM Yogyakarta mengalahkan Hizbul Wathan FC 3-1

Selain itu, Polresta Surakarta juga menyiapkan tujuh tim pengurai kerumunan (TPK), bakal diturunkan terdiri dari TNI, Polri dan Satgas COVID-19 Kota Surakarta untuk memantau pergerakan suporter, antisipasi arak-arakan atau konvoi, dan mencegah agar tidak terjadi kegiatan nonton bareng berpotensi menimbulkan kerumunan.

"Kami mengimbau cafe, restoran, dan rumah makan agar tidak melaksanakan nonton bareng. Kami berharap gelaran ini, berlangsung aman, tertib, lancar dan harus sehat. Kami melibatkan 370 personel didukung TNI untuk menjaga mengamankan pertandingan sesuai rencana yang ditetapkan," kata Kapolres.

Kendati demikian, Kapolres mengimbau kepada pendukung baik Persis Solo maupun PSIM Yogyakarta cukup mendukung dari rumah saja. Prokes 6M yang terakhir adalah mendukung dari rumah saja. Jadi tidak ada pengerahan massa dalam bentuk arakan atau konvoi termasuk dilarang melakukan nonton bareng. 
 
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024