Tiga TK swasta Yogyakarta berubah status menjadi sekolah negeri

id TK,taman kanak-kanak,sekolah,swasta,negeri

Tiga TK swasta Yogyakarta berubah status menjadi sekolah negeri

Peresmian perubahan status tiga TK swasta di Kota Yogyakarta menjadi TK negeri yang dilakukan secara daring, Kamis (25/11/21) (ANTARA/Eka AR)

Yogyakarta (ANTARA) - Sebanyak tiga Taman Kanak-Kanak swasta di Kota Yogyakarta saat ini menyandang status sebagai sekolah negeri di bawah pengelolaan Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olah Raga Kota Yogyakarta.

"Ketiganya adalah TK yang dikelola oleh PKK. Dengan perubahan status menjadi sekolah negeri maka pengelolaannya akan lebih efektif karena selama ini pun, sekolah tersebut memakai aset pemerintah daerah," kata Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kota Yogyakarta Budhi Asrori di Yogyakarta, Kamis.

Ketiga TK swasta yang saat ini berubah status sebagai TK negeri adalah TK PWS Surokarsan yang menjadi TK Negeri 7 Yogyakarta, TK Buyung di Tegalrejo yang menjadi TK Negeri 8 Yogyakarta, dan TK Kuncup Mekar di Pakuncen menjadi TK Negeri 9 Yogyakarta.

TK PWS Surokarsan adalah sekolah yang didirikan pada 1967 dan tercatat dikelola di bawah Yayasan PKK, sedangkan TK Buyung didirikan pada 1958 dan sejak 2015 berada di bawah pengelolaan PKK, dan TK Kuncup Mekar didirikan pada 1975.

Menurut Budhi, ketiga TK swasta tersebut telah melalui proses verifikasi sebelum beralih status sebagai sekolah negeri.

"Jika masyarakat memang menghendaki untuk perubahan status menjadi negeri maka kami akan melakukan verifikasi. Jika dari hasil verifikasi dinyatakan layak, maka sekolah bisa berubah status menjadi negeri," katanya.

Budhi juga berharap, perubahan TK swasta menjadi TK negeri tersebut meningkatkan kualitas layanan pendidikan di jenjang pendidikan anak usia dini.

"Selama ini, TK yang berada di bawah pengelolaan PKK banyak melayani masyarakat dengan ekonomi menengah ke bawah. Jika dikelola oleh pemerintah daerah, maka layanan pendidikan diharapkan bisa semakin baik," katanya.

Pembiayaan untuk kebutuhan layanan pendidikan, lanjut Budhi, seluruhnya akan didukung oleh anggaran Bosda. Selama ini, kebutuhan anggaran didukung dari Bosda sekolah swasta dengan nilai Rp15 juta per tahun.

Perubahan status TK swasta menjadi TK negeri di Kota Yogyakarta tidak hanya dilakukan tahun ini saja. Pada tahun lalu, terdapat dua sekolah yang berubah status menjadi TK negeri.

"Kami tidak ada target berapa TK swasta, khususnya TK PKK yang akan diubah menjadi negeri. Tergantung dari pengajuan oleh masyarakat saja," katanya.

Peresmian perubahan status ketiga TK swasta menjadi TK negeri tersebut dilakukan secara daring oleh Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi.

"Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada seluruh pendiri sekolah yang telah mengawali layanan pendidikan anak usia dini sejak puluhan tahun lalu," katanya.

Menurut dia, pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan dasar yang paling strategis dalam membentuk karakter anak.

"Kepada ketiga TK yang sudah berstatus sebagai sekolah negeri ini bisa menjadi contoh pengelolaan sekolah yang mampu membentuk karakter anak sehingga anak siap menghadapi masa depan tanpa meninggalkan budaya dan tradisi Yogyakarta," katanya.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2021