DIY gencarkan vaksinasi dosis ketiga untuk relawan

id Vaksin dosis ketiga,Yogyakarta,BPBD

DIY gencarkan vaksinasi dosis ketiga untuk relawan

Petugas kesehatan memasukkan cairan vaksin ke dalam alat suntik saat vaksinasi COVID-19 massal dosis booster di Graha Wana Bhakti Yasa, Yogyakarta, Selasa (30/11/2021). Vaksinasi COVID-19 dosis booster untuk relawan di Daerah Istimewa Yogyakarta yang digagas oleh BPBD DIY dan Puro Pakualaman tersebut menggunakan vaksin dari Moderna. ANTARA/Andreas Fitri Atmoko/wsj

Yogyakarta (ANTARA) - Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta mulai menggencarkan vaksinasi dosis ketiga untuk para relawan yang mencakup tenaga pendukung kesehatan serta tenaga penunjang layanan COVID-19 di provinsi itu.

Pelaksanaan vaksinasi massal dosis ketiga tersebut digelar, Selasa, di sejumlah lokasi yakni di Kantor PMI DIY, Gedung Grha Wana Bhakti Yasa, Gedung Mandala Bhakti Wanitatama, serta Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gamping.

"Kami harapkan dengan dukungan ini mereka bisa memberikan kontribusi maksimal dalam pelayanan," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY, Biwara Yuswantana.

Vaksin dosis ketiga tersebut diberikan kepada seluruh relawan yang menangani berbagai kegiatan baik dari relawan BPBD maupun relawan dari sejumlah komunitas di masyarakat.

Menurut Biwara, pelaksanaan vaksinasi pada hari pertama ditargetkan mencapai sebanyak 680 dosis dari jumlah peserta yang sudah mendaftar sebanyak 4.152 orang.

Ia mengatakan vaksin 'booster' tersebut merupakan bentuk dukungan kepada para relawan sebagai garda terdepan dalam pelayanan, sebagai antisipasi menghadapi potensi bencana hidrometeorologi, serta momentum Natal dan Tahun Baru.

Sementara itu, Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X yang meninjau pelksanaan vaksinasi itu berharap agar vaksin 'booster' itu mampu menjangkau seluruh relawan sebagai garda terdepan.

"Hal ini perlu dilakukan agar mereka sebagai garda terdepan bisa lebih siap, tentunya dalam rangka menghadapi Natal dan tahun baru serta kejadian-kejadian ekstrem akibat perubahan iklim. Ini harus kita apresiasi," ujar Paku Alam.

Ketua PMI DIY GBPH Prabukusumo menyampaikan bahwa vaksin dosis ketiga itu sangat dibutuhkan sebagai perlindungan bagi para relawan karena mereka sangat rentan.

"Jadi dengan vaksin 'booster' ini jadi lebih meningkatkan imunitas seseorang khususnya relawan dalam bertugas," ujar Prabukusumo.

 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2022