Dubes Inggris apresiasi Kota Kediri soal tangani COVID-19

id covid-19 kediri,pemkot kediri,kediri hari ini

Dubes Inggris apresiasi Kota Kediri soal tangani COVID-19

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar. ANTARA Jatim/ HO-Kominfo Kota Kediri

Kediri (ANTARA) - Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur, mendapatkan apresiasi terkait penanganan pandemi COVID-19, dengan diundang Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins makan siang secara pribadi di Consulate Fine Dining, Surabaya, Kamis (2/12).

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengemukakan dirinya menerima surat tersebut bertuliskan ucapan selamat atas penanganan pandemi COVID-19 setelah gelombang varian delta.

"Mewakili Kedutaan Besar Inggris di Jakarta, kami menyampaikan selamat atas penanganan pandemi COVID-19 setelah gelombang varian delta. Ini adalah bukti arahan dan kepemimpinan Wali Kota Kediri, sehingga penularan pandemi COVID-19 di Kota Kediri bisa ditekan," kata Wali Kota menirukan tulisan di surat tersebut.

Wali kota juga mengungkapkan harapannya untuk benar-benar merealisasikan kerja sama dengan Inggris pada beberapa bidang.

"Kota Kediri ini memang kota kecil, luasnya hanya 67 km2, bukan daerah yang mengandalkan sumber daya alam. Kami juga mengurangi ketergantungan dari sektor manufaktur, walau salah satu perusahaan rokok terbesar di dunia ada di Kota Kediri," kata dia.

Mas Abu, sapaan akrabnya, juga memaparkan capaian peningkatan human development index sebesar 78,23 persen pada 2020 dan program English Massive yang mengajarkan masyarakat lancar berbahasa Inggris dengan kursus gratis di kampung-kampung.

"Sekarang ada tiga kampus negeri, satu kampus swasta peringkat 10 besar nasional dan beberapa kampus kesehatan bereputasi. Sebentar lagi juga akan ada bandara internasional dan jalan tol, sehingga ini akan mempermudah akses menuju Kota Kediri," kata dia.

Sementara itu, Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins juga senang karena ke depan akan banyak potensi dan kolaborasi yang bisa dilakukan bersama.

"Saya senang sekali, saya kira akan ada banyak potensi dan kesempatan kolaborasi Inggris dan Kota Kediri. Dan kita telah berdiskusi untuk potensi kolaborasi di bidang pendidikan, energi terbarukan dan industri," kata Owen Jenkins sebagiaman ditirukan Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar.

Duta besar dalam pembicaraan pribadi dengan Wali Kota Kediri juga menyampaikan potensi kerja sama di bidang olahraga, terutama sepak bola, dan pembangunan berkelanjutan.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2022