Pemkab berupaya mewujudkan pariwisata Bantul ramah lingkungan

id Bersih pantai

Pemkab berupaya mewujudkan pariwisata Bantul ramah lingkungan

Aksi bersih pantai di kawasan pantai selatan Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, DIY, Jumat (3/12/2021) (ANTARA/HO-Humas Protokol Bantul)

Bantul (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, beserta jajaran menggelar aksi bersih pantai di kawasan pantai selatan Kecamatan Sanden, sebagai upaya mewujudkan sektor pariwisata daerah itu yang ramah lingkungan.

"Pantai ini merupakan aset kita, aset bagi pemerintah daerah, maupun masyarakat. Harapannya, aset ini benar-benar kita jaga untuk mewujudkan Bantul yang ramah lingkungan, ramah di bidang pariwisata," kata Wakil Bupati Bantul Joko Purnomo dalam siaran pers pemkab di sela memimpin Apel Bersih Pantai di Bantul, Jumat.

Dengan demikian, kata dia, pariwisata Bantul bisa memberikan yang terbaik untuk para pengunjung atau para wisatawan yang mengunjungi kawasan pantai, khususnya di wilayah Kecamatan Sanden.

Oleh karena itu, ia menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada semua relawan, TNI, Polri, serta seluruh elemen masyarakat di wilayah Kecamatan Sanden yang telah mengikuti kegiatan bersih pantai ini.

"Kegiatan bersih pantai di tiga pantai Kecamatan Sanden, yaitu Pantai Goa Cemara, Pantai Pandansari, dan Pantai Samas ini sebagai bentuk nasionalisme khususnya kepada Bantul untuk menyongsong program Bantul Bersih Sampah 2025," katanya.

Menurut dia, kawasan pantai selatan Bantul merupakan wilayah yang kepemilikannya adalah Keraton Yogyakarta, sedangkan masyarakat sudah diberikan kesempatan untuk memberdayakan dan memanfaatkan kawasan pantai ini sebaik-baiknya.

Oleh karena itu, Pemkab Bantul mengharapkan kepada warga agar kawasan ini selalu dijaga dengan baik untuk mewujudkan Yogyakarta yang istimewa.

Ia juga mengingatkan masyarakat di kawasan wisata maupun wisatawan pantai agar tetap disipilin mematuhi protokol kesehatan karena pandemi COVID-19 belum usai.

"Saat ini jumlah penderita COVID-19 di Sanden bisa ditekan, dan diharapkan nantinya dapat bersiap untuk menyambut libur Natal dan Tahun Baru sesuai dengan instruksi pemerintah dengan tetap mematuhi protokol kesehatan," katanya.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2022