Dinkop UKM Sleman menggelar Festival UMKM Sembada

id Festival UMKM sembada ,Dinkop UKM Sleman ,Wabup Sleman ,UMKM Sleman ,Kabupaten Sleman ,Sleman

Dinkop UKM Sleman menggelar Festival UMKM Sembada

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa saat membuka Festival UMKM Sembada 2021. ANTARA/HO-Pemkab Sleman

Sleman (ANTARA) - Dinas Koperasi dan Udaha Kecil Menengah ( Dinkop UKM) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyelenggarakan Festival Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Tahun 2021 dalam rangka meningkatkan pemasaran produk UMKM setempat.

"Pelaksanaan kegiatan tahun ini bekerja sama dengan PT Gojek untuk memberikan bantuan ongkos kirim (ongkir) pada UMKM binaan Dinkop UKM Kabupaten Sleman yang menjadi mitra Go Food dengan nilai transaksi relatif rendah," kata Sekretaris Dinkop UKM Endah Sri Widiastuti pada pembukaan Festival UMKM Sembada di Pendopo Parasamya Kantor Setda Kabupaten Sleman, Jumat.

Menurut dia, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan promosi dan transaksi bagi UMKM binaan Dinkop UKM.

"Selain itu, juga untuk meningkatkan kepatuhan UMKM kuliner khususnya dalam kepemilikan nomor induk berusaha (NIB) dan mencatatkan diri dalam data base satu data UMKM Kabupaten Sleman," katanya.

Ia mengatakan, kegiatan promosi ini dibiayai secara bersama-sama antara Pemkab Sleman dengan PT Gojek. Beban yang teralokasikan pada Pemkab Sleman digunakan untuk promosi banner pada aplikasi Go Food dan subsidi ongkir maksimal sebesar Rp10.000 per transaksi untuk pembelian minimal Rp15.000.

"Subsidi ongkir juga berlaku untuk pengiriman produk Slemanmart sebesar maksimal Rp25.000 dengan belanja minimal Rp100.000," katanya.

Endah mengatakan, Festival UMKM Sembada dengan skema bantuan ongkir ini dilaksanakan selama 15 hari terhitung sejak 26 November hingga 13 Desember 2021.

"UMKM yang mengikuti program ini sebanyak 306 UMKM yang telah memiliki NIB dan masuk pada satu data UMKM Kabupaten Sleman," katanya.

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa yang hadir membuka festival tersebut berharap Festival UMKM Sembada dapat meningkatkan kapasitas para pelaku UMKM mencakup penguatan manajemen usaha, kualitas produk, akses pasar yang dilakukan secara end-to-end dalam satu ekosistem terintegrasi yang berbasis teknologi.

"Mengingat pada era kemajuan teknologi informasi dan komunikasi saat ini menjadi kunci perkembangan UMKM dan turut membangun ekonomi daerah," katanya.

Menurut dia, pada saat ini di Kabupaten Sleman terdapat 90.083 UMKM yang terdiri dari usaha mikro sebanyak 89.400 unit usaha, 659 unit usaha kecil dan 24 unit usaha menengah.

Dari data tersebut tidak dapat dipungkiri bahwa UMKM merupakan struktur ekonomi terkuat dalam menghadapi kondisi ekonomi yang penuh dengan tantangan.

"Hal ini dikarenakan UMKM merupakan sektor ekonomi yang langsung melibatkan masyarakat dan memiliki daya dukung yang kuat," katanya.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024