Pemkab Bantul memprioritaskan pembangunan tingkat perdesaan

id Bupati Bantul

Pemkab Bantul memprioritaskan pembangunan tingkat perdesaan

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih saat menerima kunjungan kerja Wakil Bupati Tana Tidung, Kalimantan Utara di Gedung Induk Parasamya Bantul, DIY, Senin (6/12/2021) (Foto Humas Protokol Bantul)

Bantul (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, memprioritaskan percepatan pembangunan tingkat perdesaan atau kelurahan di daerah itu guna mendukung terwujudnya kabupaten yang maju dan sejahtera.

"Pembangunan perdesaan di Bantul menjadi prioritas pembangunan kami," kata Bupati Bantul Abdul Halim Muslih dalam keterangan resmi Pemkab di sela menerima kunjungan kerja dari Pemerintah Kabupaten Tana Tidung, Kalimantan Utara, yang mempelajari tata cara dan birokrasi pemerintahan desa di Bantul, Senin.

Menurut dia, prioritas pembangunan perdesaan, di antaranya dengan mengucurkan anggaran ke pemerintah desa, seperti Alokasi Dana Desa dan Dana Desa dari pusat, APBD kabupaten, juga alokasi bantuan lain, di antaranya bantuan keuangan khusus (BKK), program pemberdayaan masyarakat desa (P2MD) dan pedukuhan.

"Bantuan keuangan itu semua bertujuan untuk mendorong percepatan pembangunan di pedukuhan dan kelurahan," kata bupati.

Selain itu, kata dia, pemerintah kabupaten juga mendorong desa untuk menggali pendapatan dan potensi melalui usaha-usaha yang dikelola badan usaha milik desa (Bumdes) sehingga desa memiliki sumber keuangan.

"Kami menyakini untuk menjadi kabupaten yang maju dan sejahtera itu dari desa. Kalau 75 desa di Bantul maju dan sejahtera, otomatis Kabupaten Bantul juga akan maju dan sejahtera," katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Tana Tidung Hendrik mengatakan kunjungan bersama rombongan dan para kepala desa ke Bantul dimaksudkan untuk mempelajari tata cara dan birokrasi beserta pemerintahan desa di Kabupaten Bantul.

"Kunjungan ini untuk orientasi lapangan guna meningkatkan kapasitas kepala desa, para kepala desa juga mendapatkan pembekalan selama 18 hari di Tana Tidung tentang pengelolaan desa," katanya.

Hendrik berharap dari kunjungan kerja ini ke depan para kepala desa di kabupaten itu dapat mengikuti secara langsung tugas dan fungsinya sebagai kepala desa sebagai persiapan kepala desa menerima Dana Desa pada tahun depan.

"Agar ke depan penggunaan Dana Desa dapat tepat program, sehingga mampu mendorong ekonomi masyarakat masing-masing desa," katanya.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024