Yogyakarta memberi vaksinasi penguat tenaga pendukung penanganan COVID-19

id vakinasi,covid-19,vaksinasi booster,tenaga pendukung,yogyakarta

Yogyakarta memberi vaksinasi penguat tenaga pendukung penanganan COVID-19

Dokumen - Kegiatan vakinasi massal Kampung Sejahtera, Jumat (29/10). (ANTARA/HO))

Yogyakarta (ANTARA) - Sekitar 1.000 tenaga penunjang atau pendukung penanganan COVID-19 di Kota Yogyakarta mendapat suntikan vaksin dosis ketiga atau penguat sebagai upaya untuk memberikan kekebalan kepada kelompok yang ikut terlibat langsung dalam penanganan pandemi.

"Setelah diberikan kepada tenaga kesehatan, pemberian vaksinasi penguat dilanjutkan untuk relawan yang selama ini terlibat langsung dalam berbagai kegiatan penanganan COVID-19," kata Ketua Harian Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Yogyakarta Heroe Poerwadi di Yogyakarta, Senin.

Menurut dia, relawan dan tenaga pendukung yang mendapat vaksinasi penguat adalah mereka yang selama ini terlibat langsung dalam proses pemulasaraan jenazah, pemakaman cepat untuk pasien terkonfirmasi COVID-19, hingga pengelolaan lingkungan.

"Relawan yang terlibat di sentra vaksinasi pun kami berikan vaksinasi penguat," katanya.

Kebijakan pemberian vaksinasi penguat untuk relawan tersebut, lanjut dia, juga sudah dikoordinasikan dengan pihak terkait dan dipastikan sudah mendapat izin dari pemerintah daerah.

"Bagaimanapun juga, tugas para relawan dan tenaga pendukung ini berkaitan langsung dengan penanganan pandemi. Risiko terpapar pun cukup besar sehingga pemberian vaksinasi penguat dirasa sangat diperlukan," katanya.

Seluruh relawan tersebut mendapat suntikan vaksin jenis Moderna sebagai penguat.

"Jumlah relawan yang divaksinasi akan disesuaikan dengan persediaan vaksin Moderna yang dimiliki. Untuk saat ini, menghabiskan dulu stok yang ada," katanya.

Jika ada tambahan vaksin Moderna yang datang, lanjut Heroe, maka tidak menutup kemungkinan untuk menambah jumlah sasaran vaksinasi penguat.

Sementara rencana pemberian vaksinasi penguat untuk masyarakat umum, Heroe menyebut belum menerima informasi apapun.

Sebelumnya, Kepala Puskesmas Gedongtengen Yogyakarta Tri Kusumo Bawono mengatakan pemberian vaksinasi penguat juga sudah dilakukan kepada 26 tenaga pendamping dan penjangkau untuk pasien HIV/AIDS. Pemberian vaksinasi diharapkan meningkatkan kekebalan tubuh sehingga seluruh tenaga penjangkau tersebut dapat menjalankan tugasnya dengan lebih baik.

Pada Desember, Kota Yogyakarta menargetkan mampu menyelesaikan pemberian vaksinasi dosis kedua untuk seluruh masyarakat.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024