FPG Kulon Progo memperjuangkan pembangunan Buk Patusan atasi banjir

id banjir,Fraksi Golkar,Kulon Progo,Buk Patusan

FPG Kulon Progo memperjuangkan pembangunan Buk Patusan atasi banjir

Anggota FPG DPRD Kulon Progo Agus Supriyanto meninjau pembangunan buk Patusan, Desa Tirtorarayu, Kecamatan Galur, pada Senin (6/12). ANTARA/HO-Dokumen pribadi

Kulon Progo (ANTARA) - Anggota Fraksi Partai Golkar DPRD Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Agus Supriyanto memperjuangkan aspirasi warga Prembulan, Kecamatan Galur untuk pembangunan Buk Patusan yang menjadi langganan banjir setiap terjadi hujan dengan intensitas tinggi.

Agus Supriyanto di Kulon Progo, Senin, mengatakan warga Prembulan sering mengeluh kebanjiran pada musim hujan karena tiga ruas buk, dan saluran Patusan yang dibangun sejak peninggalan zaman Belanda dulu sering mampet.

"Atas keluhan dan keresahan masyarakat Prembulan tersebut, kami mengupayakan ada perbaikan tiga ruas buk dan saluran Patusan melalui aspirasi dewan. Saat ini, perbaikan buk Patusan sudah mulai dilaksanakan pembangunanya," kata Agus.

Ia berharap buk Patusan segera selesai, sehingga saat hujan seperti saat ini dengan intensitas tinggi akibat fenomena La Nina, warga Prembulan sudah tidak resah dan banjir dapat diatasi.

"Kami berharap kawasan Prembulan tidak ada lagi ancaman banjir setiap musim hujan. Kami hanya berpesan warga tidak membuang sampah ke saluran supaya tidak menyumbang aliran air," harapnya.

Selain itu, lanjut Agus, warga Pringinan, Kecamatan Galur, mendapat bantuan padat karya cor blok sepanjang 225 meter dengan lebar empat meter. Jalan tersebut sangat membantu lancarnya angkutan hasil panen yang merupakan pinggir bulak petani.

"Jalan di Pringinan ini sangat dibutuhkan masyarakat untuk akses ke bulak pertanian dan akses kegiatan masyarakat," kata politisi Golkar dari Daerah Pemilihan V (Galur dan Lendah) ini.

Salah satu warga Kecamatan Galur Suparno mengucapkan terima kasih dibangunannya buk Patusan yang merupakan kunci dari upaya mengatasi banjir setiap musim hujan yang mengancam sawah dan permukiman warga di Prembulan.

"Kami sudah lama mengusulkan percepatan perbaikan buk Patusan,, namun baru mendapat respon dari pemerintah melalui aspirasi anggota DPRD Kulon Progo Agus Supriyanto," katanya.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2022