Tim mahasiswa UNY meningkatkan pengelolaan Pantai Pandansari Bantul

id pengelolaan pantai,mahasiswa UNY

Tim mahasiswa UNY meningkatkan pengelolaan Pantai Pandansari Bantul

Tim Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika (Himatika) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) membantu mengoptimalkan pengelolaan Pantai Pandansari di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.  (ANTARA/HO-UNY)

Yogyakarta (ANTARA) - Tim Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika (Himatika) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) membantu mengoptimalkan pengelolaan Pantai Pandansari di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Para mahasiswa UNY melaksanakan berbagai program sejak bulan Juli hingga November 2021 demi terwujudnya kemajuan Pantai Pandansari yang dapat bersaing," kata Pembimbing Tim Himatika UNY Heru Sukoco di Yogyakarta, Rabu (8/12).

Ia mengatakan program mahasiswa UNY tersebut didukung dengan dana hibah Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) 2021 yang mempunyai relevansi dengan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Mahasiswa yang tergabung dalam Tim PHP2D Himatika UNY dari tiga program studi yaitu Prodi Pendidikan Matematika empat orang, Prodi Matematika delapan orang, dan Prodi Statistika tiga orang.

Pantai Pandansari berada di Padukuhan Wonoroto, Kalurahan Gadingsari, Kapanewon Sanden, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Meski di masa mendatang Pantai Pandansari diharapkan menjadi pantai internasional, menurut dia, selama ini pengelolaan dari wisata Pantai Pandansari masih kurang optimal.

Eksistensi dari Pantai Pandansari juga masih cenderung rendah dibandingkan dengan pantai lain di Bantul.

"Cukup disayangkan karena sebenarnya Pantai Pandansari memiliki potensi sebagai destinasi wisata yang sangat menarik karena keberadaan mercusuar yang sangat ikonis, fasilitas 'camping ground', sampai dengan agrowisata kebun buah naga," kata dia.

Oleh karena itu, Tim PHP2D Himatika UNY 2021 melaksanakan berbagai program pengembangan fasilitas dan sarana prasarana yang ada di Pantai Pandansari.

Adapun program-program yang sudah terlaksana dengan baik, kata dia, di antaranya perbaikan dan penambahan sarana dan prasarana yang memadai seperti pengecatan toilet, pemasangan lampu penerangan, hingga pembuatan spot foto, bangku, dan ayunan.

Selain itu, tim mahasiswa juga melakukan perbaikan fasilitas yang ada di "camping ground" Pantai Pandansari, seperti pengecatan toilet dan pendopo utama, perbaikan saluran air, pembuatan spot foto berupa rumah pohon, hingga penyusunan Buku Panduan Camping Ground Pantai Pandansari.

"Melalui PHP2D, kemampuan mahasiswa dalam hal pembinaan dan pemberdayaan masyarakat dapat dikembangkan karena mahasiswa diberi kesempatan untuk terjun secara langsung membangun desa," kata dia.


 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2022