Pemkab Sleman menyalurkan BLT bagi hasil cukai tembakau

id BLT cukai tembakau ,Wabup Sleman ,Buruh tani tembakau ,Buruh pabrik rokok ,Bagi hasil cukai tembakau ,Kabupaten Sleman

Pemkab Sleman menyalurkan BLT bagi hasil cukai tembakau

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa menyerahkan secara simbolis BLT bagi hasil cukai tembakau kepada buruh tani tembakau dan buruh pabrik rokok di Sleman. Foto ANTARA/HO-Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Sleman

Sleman (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) kepada 593 buruh tani tembakau dan buruh pabrik rokok di PT Mitra Adi Jaya, Kecamatan Berbah, Rabu.

Penyaluran BLT dilakukan secara simbolis oleh Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa kepada dua orang perwakilan buruh tani tembakau dan buruh pabrik rokok.

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa mengatakan bahwa BLT yang disalurkan tersebut merupakan hasil dari pengembalian cukai tembakau yang dibagikan kepada petani tembakau dan buruh pabrik rokok di wilayah Sleman.

"Dari BLT ini kita alokasikan sebesar Rp628.580.000 untuk kita bagi kepada 393 buruh pabrik rokok dan 200 buruh tani tembakau yang ada di Sleman," katanya

Menurut dia, seluruh penerima BLT tersebut merupakan petani tembakau dan buruh pabrik rokok yang sebelumnya telah diusulkan sebagai calon penerima BLT oleh Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan dan Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Sleman.

"Seluruh data penerima telah melalui verifikasi dan validasi oleh dinas terkait untuk memastikan data kependudukan penerima yaitu merupakan buruh pabrik rokok dan tani tembakau yang berpenduduk di Kabupaten Sleman," katanya.

Kepala Bagian Perekonomian, Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman Emmy Retnosasi yang sekaligus mengampu program penyampaian BLT DBHCHT ini menyampaikan bahwa BLT ini diberikan kepada buruh pabrik rokok dan tani tembakau yang sebelumnya tidak termasuk penerima bantuan PKH, BPNT dan bukan pemilik Kartu Prakerja.

"Masing-masing buruh pabrik dan tani tembakau menerima BLT dengan total sebesar Rp1.060.000 yang disalurkan pada masing-masing rekening penerima yang telah dibuatkan rekening di PT BPR Bank Sleman (Perseroda)," katanya.
 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024