Pemkab Bantul dorong pelaku seni budaya tetap berkarya di masa pandemi

id Bupati Bantul

Pemkab Bantul dorong pelaku seni budaya tetap berkarya di masa pandemi

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih secara simbolis menyerahkan bantuan sosial bagi pegiat seni dan budaya di Kabupaten Bantul, DIY, Selasa (21/12/2021). (ANTARA/Pemkab Bantul)

Bantul (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mendorong para pelaku seni dan budaya di daerah itu tetap berkarya meski di masa pandemi COVID-19, agar kesenian dan kebudayaan setempat dapat terjaga kelestariannya.

"Saya berharap, para pelaku seni budaya tetap dapat berkarya di tengah pandemi, dan bersama-sama membangun seni budaya di Bantul agar tetap eksis," kata Bupati Bantul Abdul Halim Muslih di sela penyerahan bantuan sosial kepada para pelaku seni budaya di Bantul, Selasa.

Sebagai wujud kepedulian terhadap para pelaku seni dan budaya, dan agar tetap semangat berkarya di masa pandemi, Pemkab Bantul melalui Dinas Kebudayaan memberikan bantuan sosial berupa sembako kepada sebanyak 600 pelaku seni budaya di Bantul.

Bantuan sosial selain sebagai wujud kepedulian pemerintah kepada pegiat seni, juga guna menjalin silaturahmi, sehingga harapannya dapat membangun seni dan budaya di Kabupaten Bantul dengan lebih baik lagi.

"Semoga dengan silaturahim kita ini akan mempererat hubungan  antara Pemkab dengan para pelaku seni yang pada akhirnya kita bisa bersama-sama membangun seni budaya di Kabupaten Bantul," kata Bupati.

Lebih lanjut, Bupati juga mengimbau kepada para pegiat seni untuk tetap waspada meskipun seni pertunjukan sudah diperbolehkan, karena tidak menutup kemungkinan akan munculnya kluster baru jika pertunjukan tersebut menimbulkan kerumunan-kerumunan.

"Sampai hari ini pandemi COVID-19 belum usai, bahkan, yang terakhir ada penyebaran varian baru Omicron, karena itu kita harus terus mengantisipasi dan tetap mengendalikan kerumunan-kerumunan agar kita semua terhindar dari paparan varian baru," katanya.

Bupati juga mengatakan, pandemi COVID-19 yang tak kunjung usai berdampak kepada semua pihak, tak terkecuali para pegiat seni, sehingga harapannya bantuan sosial tersebut dapat sedikit meringankan beban para pelaku seni di Kabupaten Bantul.

Bupati berharap, agar di era pandemi COVID-19 saat ini, para pelaku seni dan budaya tetap bisa eksis dan tetap bisa membuat karya-karya seni, serta tetap bisa bangkit menghadapi guncangan-guncangan yang ada saat pandemi.

"Sekali lagi, saya mengucapkan apresiasi kepada para pelaku seni dan budaya di Kabupaten Bantul yang selama ini telah memberikan jasa-jasanya untuk kesenian dan kebudayaan di Bantul," kata Bupati.*
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024