Pesantren An-Nawawi Tanara dijadikan destinasi wisata

id Sandiaga Uno,Menparekraf,Pesantren An-Nawawi,Wisata

Pesantren An-Nawawi Tanara dijadikan destinasi wisata

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno ketika mengunjungi Ponpes An-Nawawi Tanara di Banten, Kamis (23/12/2021). ANTARA/HO-Kemenparekraf

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mendukung pengembangan Pondok Pesantren An-Nawawi Tanara, Banten, sebagai destinasi wisata yang unggul, sehingga membuka peluang usaha dan lapangan kerja bagi santri dan masyarakat setempat.

Menurut dia, hal ini ada keterkaitan dengan program-program yang dilakukan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, yakni pariwisata halal dan program Santri Digitalpreneur yang nantinya digabung dengan Santri Milenial Center (Simac).

"Ini adalah cara-cara kekinian yang insya Allah akan menjadi penyemangat kita untuk membangun Islam yang rahmatan lil alamin dan menghadirkan destinasi-destinasi unggulan," katanya ketika mengunjungi Ponpes An-Nawawi Tanara, sebagaimana dikutip dari keterangan pers di Jakarta, Kamis.

Lebih lanjut Sandi mengatakan bahwa di masa pandemi COVID-19 dan tantangan ekonomi, pelaku usaha pariwisata harus inovatif, adaptif, dan diperkuat dengan kolaborasi, terlebih pendekatan digital yang saat ini dianggap sangat diperlukan.

Ponpes An-Nawawi Tanara didirikan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin pada 2001. Ma'ruf Amin disebut keturunan dari Syekh Nawawi Al Bantani, seorang ulama besar yang pernah menjadi Imam Besar di Masjidil Haram, Mekkah.

Wapres merasa perlu ada pengembangan pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di pesantren tersebut.

Pembina Ponpes An Nawawi Tanara Gus Syauqi menyatakan kedatangan Menparekraf Sandiaga ke ponpesnya merupakan berkah yang luar biasa.

Ia mengharapkan dengan kehadiran Menparekraf bisa membantu mengawal dan mendampingi para santri dan juga pesantren agar dapat terus bergerak maju dalam meningkatkan ekonomi dari sisi pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Kita butuh banyak dukungan, dorongan, termasuk fasilitas-fasilitas yang bukan hanya output tapi juga menjadi outcome buat pesantren, dan ternyata banyak sekali program Kemenparekraf yang bisa kita sinergikan. Kita harap pesantren ini juga bisa menjadi basis pemberdayaan ekonomi di pondok pesantren dan masyarakat sekitarnya," katanya.

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024