FPRB Bantul menistribusikan bantuan korban terdampak erupsi Semeru

id Bantuan Semeru

FPRB Bantul menistribusikan bantuan korban terdampak erupsi Semeru

Bantuan untuk korban terdampak erupsi Gunung Semeru siap didistribusikan oleh FPRB dan Pemkab Bantul, DIY, Senin (27/12/2021) (ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Forum Pengurangan Resiko Bencana Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, kembali mendistribusikan bantuan bagi masyarakat terdampak erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, setelah sebelumnya sudah menyalurkan bantuan serupa.

"Bantuan tahap pertama sudah kita salurkan dua truk, dan tahap kedua ini dengan tiga truk yang melibatkan dari komunitas relawan, 'leading sector' adalah FPRB Bantul," kata Ketua FPRB Bantul Waljito di sela pelepasan distribusi bantuan di Bantul, Senin.

Ia menyebut bantuan yang didistribusikan dengan tiga truk dari Tagana, MJC, dan Koppasus berupa beras lima ton, mi instan 852 dos, sabun mandi 2.068 buah, gula pasir 250 kilogram, 155 paket sembako, peralatan dan pakaian kebutuhan bayi dan dewasa, serta ribuan masker.

Dia mengatakan pengumpulan bantuan tahap dua dilakukan mulai 6 sampai 22 Desember, sementara tahap pertama pada 4 sampai 5 Desember, pengumpulan bantuan di Sekretariat FPRB, kompleks Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul, dan PMI Bantul.

Sumber bantuan berasal dari warga Bantul melalui 63 kelompok, meliputi kelurahan, komunitas relawan, dan sekolah maupun pribadi.

"Total nilai bantuan yang kita salurkan dari tahap pertama dan kedua sebesar Rp789 juta, dan nilai bantuan berupa uang sebesar Rp422 juta. Sehingga total bantuan berupa barang dan uang sebesar Rp1,2 miliar," katanya.

Dia menjelaskan bantuan uang akan diwujudkan untuk dana pembuatan infrastruktur sarana umum di lokasi terdampak, yaitu Pos Pantau Semeru beserta early warning system (EWS) atau sistem peringatan dini yang terkoneksi dengan BPBD Kabupaten Lumajang.

"Ada tim dari Bantul yang di sana akan melakukan asesmen sekaligus persiapan terkait dengan pembangunan rekonstruksi sarana umum berupa pos pantau sama EWS, bantuan itu menjadi salah satu bentuk monumen kepedulian dari masyarakat Bantul terhadap Semeru," katanya.

Dia juga mengatakan dalam sarana umum untuk mendukung kesiapsiagaan terhadap erupsi Gunung Semeru yang akan dibangun tersebut nantinya akan ada tulisan terkait dengan sumbangan dari warga Bantul.