Menkeu G7 fokus pemulihan dan perlindungan iklim

id G7,Jerman,COVID-19

Menkeu G7 fokus pemulihan dan perlindungan iklim

Menteri Luar Negeri Britain Liz Truss, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken, Menteri Luar Negeri Prancis Jean-Yves Le Drian, Menteri Luar Negeri Jerman Annalena Baerbock, Menteri Luar Negeri Jepang Yoshimasa Hayashi, Perwakilan Tinggi Uni Eropa untuk Urusan Luar Negeri dan Kebijakan Keamanan Josep Borrell Fontelles, Menteri Luar Negeri Italia Luigi Di Maio, dan Menteri Luar Negeri Kanada Melanie Joly berpose untuk foto bersama di Museum Liverpool saat konferensi tingkat tinggi G7 menteri urusan luar negeri dan perkembangan di Liverpool, Inggris, Sabtu (11/12/2021). ANTARA FOTO/Paul Ellis/Pool via REUTERS/aww/cfo (REUTERS/POOL)

Berlin (ANTARA) - Jerman ingin menggunakan keketuaannya di Kelompok Tujuh (G7) untuk mendukung pemulihan ekonomi dari pandemi COVID-19 dan memperkuat upaya meningkatkan perlindungan iklim, kata Menteri Keuangan Christian Lindner, Sabtu.

"Jerman telah mengambil alih kepresidenan G7 untuk 2022 --negara-negara G7 berdiri untuk kebebasan, demokrasi, dan kemajuan," kata Lindner dalam sebuah cuitan. “Dengan pemikiran ini, kita harus mengatasi pandemi dan mendorong pemulihan ekonomi global,” tambahnya.

Lindner, pemimpin partai Demokrat Bebas Liberal (FDP), mitra peringkat bawah dalam koalisi berkuasa tiga partai Kanselir Olaf Scholz, mengatakan dia ingin menempatkan persoalan tentang digitalisasi dan netralitas iklim di atas agenda para menteri keuangan dan gubernur bank sentral selama pertemuan G7.

G7 merupakan forum politik antarpemerintah yang beranggotakan Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Inggris dan Amerika Serikat.

Pada KTT terakhir G7 yang diselenggarakan di Cornwall, Inggris, Juni lalu, salah satu topik pembahasan yang menonjol adalah upaya global untuk mengatasi pandemi COVID-19 dengan memperjuangkan distribusi vaksin secara merata di seluruh dunia.

Sumber: Reuters
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024