Binda menggelar pelayanan vaksinasi COVID-19 bagi anak di Kulon Progo

id vaksinasi anak kulon progo,vaksinasi covid anak,penanggulangan covid

Binda menggelar pelayanan vaksinasi COVID-19 bagi anak di Kulon Progo

Binda Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta menyelenggarakan pelayanan vaksinasi COVID-19 bagi anak usia enam sampai 11 tahun di SN Negeri 4 Wates, Kabupaten Kulon Progo, Sabtu (8/1/2022). (ANTARA/Sutarmi)

Kulon Progo (ANTARA) - Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar pelayanan vaksinasi COVID-19 di kompleks SD Negeri 4 Wates dengan sasaran sekitar 600 anak usia enam sampai 11 tahun dari 42 sekolah dasar dan taman kanak-kanak di wilayah Kecamatan Wates, Pengasih, dan Kokap, Kabupaten Kulon Progo.

"Dalam kegiatan vaksinasi massal ini, Binda DIY bekerja sama dengan Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga, Dinas Kesehatan, Puskesmas Wates, dan tentunya SD Negeri 4 Wates sebagai lokasi penyelenggaraan," kata Koordinator Vaksinasi COVID-19 Binda Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta untuk Kulon Progo Wury Atmaja di Kulon Progo, Sabtu.

Menurut Wury, berdasarkan data Dinas Kesehatan Kulon Progo vaksinasi COVID-19 sudah dilakukan pada 32.082 anak atau 90,4 persen dari total 35.457 anak usia enam sampai 11 tahun yang menjadi target vaksinasi. 

"Capaian tersebut merupakan tertinggi di DIY," katanya.

Dia menjelaskan, Binda membantu pemerintah melaksanakan vaksinasi COVID-19 pada anak-anak sekolah agar pembelajaran tatap muka bisa dilaksanakan secara aman.

Kepala Dinas Kesehatan Kulon Progo Sri Budi Utami mengatakan bahwa pelayanan vaksinasi yang dilaksanakan di SD Negeri 4 Wates ditujukan untuk memberikan suntikan vaksin COVID-19 kepada anak-anak usia enam sampai 11 tahun yang belum menjalani vaksinasi di wilayah Kecamatan Pengasih, Wates, dan Kokap. Pelayanan vaksinasi itu ditargetkan bisa menjangkau 568 siswa.

"Mudah-mudahan datang semua, dan tidak ada kendala... Pelaksanaan ini sudah ditata sebanyak empat sesi dari jam 08.00 sampai 12.00 WIB untuk menghindari kerumunan," kata Sri.

Sementara itu, Asisten I Sekretariat Daerah Kulon Progo Jazuli Ambar mengatakan bahwa pelaksanaan vaksinasi COVID-19 pada anak usia enam sampai 11 tahun sejak pertengahan Desember 2021 merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk melindungi warga dari serangan COVID-19.

"Kami minta orang tua untuk anaknya diperkenankan untuk dilakukan vaksinasi supaya kekebalan komunal kita dapat segera tercapai. Vaksinasi ini akan memperkebal imun, tubuh menjadi kuat," katanya.

 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2022