IKA SMAN I Wates bangun lahan parkir-gedung pertemuan Rp5,5 miliar

id SMA Negeri I Wates,Kulon Progo

IKA SMAN I Wates bangun lahan parkir-gedung pertemuan Rp5,5 miliar

Bupati Kulon Progo Sutedjo meletakan batu pertama pembangunan lahan parkir dan gedung pertemuan SMA Negeri I Wates pada Sabtu (8/1). (ANTARA/Sutarmi)

Kulon Progo (ANTARA) - Ikatan Keluarga Alumni SMA Negeri 1 Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, menginisiasi pembangunan lahan parkir dan gedung pertemuan tiga lantai senilai Rp5,5 miliar dalam rangka mendukung kegiatan pembelajaran yang lebih optimal.

"Pembangunan lahan parkir dan gedung pertemuan merupakan salah satu upaya untuk mengakomodir kebutuhan siswa maupun guru. Saat ini, siswa kelas tiga itu kan sudah mengantongi KTP dan Surat Izin Mengemudi. Mereka juga bawa motor ke sekolah ditambah jumlah siswa yang cukup besar ya. Terlebih, guru-guru juga bawa kendaraan sendiri. Jadi, pembangunan gedung parkir dan pertemuan ini cukup penting," kata Ketua Umum IKA SMA Negeri 1 Wates periode 2021-2024 Hasto Wardoyo di Kulon Progo, Sabtu.

Ia mengatakan pembangunan dilakukan menggunakan sistem gotong-royong. Sejumlah alumni iuran dan dana yang terkumpul nantinya akan diperuntukkan untuk pembangunan gedung parkir dan pertemuan.

"Kami ingin mencontohkan kepada masyarakat di Kulon Progo bahwa gotong-royong itu merupakan hal yang baik," kata Hasto.

Sementara itu, Bendahara Umum Ikatan Keluarga Alumni (IKA) SMA Negeri 1 Wates Irenk Sukoco mengatakan pembangunan lahan parkir dan gedung pertemuan sendirian diperkirakan membutuhkan anggaran sekitar Rp5,5 miliar.a

"Dana yang dibutuhkan bersumber dari iuran alumni dan bantuan wali murid. Namun untuk sementara waktu, anggaran kami tanggung dengan dana pribadi," katanya.

Ia mengatakan target pembangunan lahan parkir dan gedung pertemuan tiga lantai selesai sebelum Agustus 2022 ini. "Pembangunan merupakan hadiah dari alumni kepada SMA Negeri I Wates," kata Irenk.

Bupati Kulon Progo Sutedjo mengapresiasi jiwanya kegotongroyongan Alumni SMA Negeri I Wates dalam pembangunan lahan parkir dan gedung pertemuan ini.

"Kami sangat mengapresiasi komitmen alumni SMA Negeri I Wates dalan membangun gedung pertemuan dan parkir ini," katanya.