Erick Thohir dorong ekosistem yang bisa mendukung anak muda berkarya

id menteri bumn,erick thohir,ekosistem,anak muda berkarya

Erick Thohir dorong ekosistem yang bisa mendukung anak muda berkarya

Menteri BUMN Erick Thohir. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/aa

Jakarta (ANTARA) - Menteri BUMN Erick Thohir mendorong ekosistem yang bisa mendukung ide kreatif atau anak muda Indonesia untuk dapat berkarya.

"Ekosistem ini yang kita dorong bagaimana ekosistem ini bisa mendukung ide-ide kreatif atau anak-anak muda Indonesia bisa berkarya," ujar Erick Thohir seperti dikutip dari akun resmi YouTube BNI @BNI - Bank Negara Indonesia di Jakarta, Rabu.

Erick menambahkan karena hal itu merupakan momentum penting di mana kalau melihat mayoritas penduduk Indonesia nanti pada tahun 2024-2034 didominasi usia di bawah 40 tahun.

Artinya pasarnya cukup besar, tentu mereka yang menciptakan trendsetter. Tetapi yang menjadi catatan besar selama ini generasi muda Indonesia posisinya hanya konsumtif, bukan produktif.

"Ini yang mesti diubah pola pikirnya bagaimana generasi muda menjadi produktif dan pada saat bersamaan marketnya untuk market Indonesia," kata Menteri BUMN.

Menurut Erick, BUMN sedang fokus membangun ekosistem di mana kalau melihat semua negara membangun ekosistemnya masing-masing, dan ekosistemnya itu harus bisa memenangkan persaingan dengan ekosistem negara lain.

Contohnya adalah Korea Selatan. Korea Selatan merupakan negara baru yang membangun ekosistem pop culture-nya, sebenarnya Korsel jauh tertinggal dengan Jepang dan Amerika Serikat tetapi buktinya Korsel selama 10 tahun terakhir berhasil menjadi negara pop culture yang setara dengan AS dan Jepang.

"Itulah yang kita lihat sebagai Kementerian BUMN, karena kita memiliki infrastruktur yang sangat besar di mana ada Telkom, Telkomsel, BNI sebagai perbankan, dan sebagainya termasuk pembangunan pariwisata pun di BUMN," kata Erick Thohir.


 
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024