Pariwisata mulai bergeliat

id Rejang Lebong ,pariwisata ,Festival Bukit Kaba ,Belitar Seberang

Pariwisata mulai bergeliat

M Budianto, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Rejang Lebong. (Foto ANTARA/Nur Muhamad)

Rejang Lebong, Bengkulu (ANTARA) - Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, optimistis dunia pariwisata di daerah itu kembali bergeliat setelah hampir dua tahun mati suri akibat pandemi COVID-19.

Kepala Dinas Pariwisata Rejang Lebong M Budianto di Rejang Lebong, Rabu, mengatakan pihaknya saat ini tengah berupaya mendorong bangkitnya kembali sektor pariwisata di Kabupaten Rejang Lebong sehingga nantinya bisa menghidupkan perekonomian masyarakat.

"Pada tahun 2022 kita berupaya agar sektor pariwisata di Kabupaten Rejang Lebong ini bisa bangkit kembali, kita berharap pandemi COVID-19 ini bisa berakhir sehingga dunia pariwisata bisa kembali bangkit," kata dia.

Pihaknya optimistis dunia pariwisata Rejang Lebong akan kembali bergeliat, karena sejumlah kegiatan bidang kepariwisataan baik secara lokal maupun nasional telah disiapkan oleh pemkab setempat maupun pengelola wisata yang ada di Kabupaten Rejang Lebong.

Dinas Pariwisata Rejang Lebong, sudah melakukan koordinasi dengan 22 desa wisata tersebar dalam beberapa kecamatan di Rejang Lebong untuk melaksanakan kegiatan guna meningkatkan kunjungan wisatawan.

Setidaknya sudah ada dua kegitatan bidang kepariwisataan dalam skala besar yang akan dilaksanakan di daerah itu pada tahun ini diantaranya jelajah alam yang akan dilaksanakan di Desa Belitar Seberang, Kecamatan Sindang Kelingi yang memiliki potensi wisata Air Terjun Tri Sakti.

Sedangkan perhelatan lainnya ialah Festival Bukit Kaba yang akan dilaksanakan di Desa Sumber Urip, Kecamatan Selupu Rejang.

Untuk kegiatan jelajah alam di Desa Belitar Seberang merupakan event yang pertama kali dilaksanakan oleh desa yang meraih juara pertama lomba desa wisata tingkat Provinsi Bengkulu 2021 lalu tersebut, kegiatan ini direncanakan akan digelar pada Agustus 2022.

"Sedangkan untuk Festival Bukit Kaba ini biasanya digelar pada akhir tahun. Festival ini merupakan agenda rutin Desa Sumber Urip bersama BKSDA Bengkulu-Lampung, namun sejak dua tahun ini terhenti karena pandemi COVID-19," tambah dia.

Dinas Pariwisata Kabupaten Rejang Lebong mendukung masyarakat atau komunitas-komunitas yang ada di Kabupaten Rejang Lebong untuk menggelar kegiatan dalam rangka membangkitkan pariwisata setempat sehingga nantinya bisa berdampak terhadap peningkatan perekonomian masyarakat. 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2022