"Kick off" vaksinasi booster Yogyakarta awal pekan depan di tiga lokasi

id vaksinasi booster,yogyakarta,kick off,lansia

"Kick off" vaksinasi booster Yogyakarta awal pekan depan di tiga lokasi

Petugas menyuntikkan vaksin booster COVID-19 untuk lansia di RSUD Ibu Fatmawati Sukarno, Solo, Jawa Tengah, Jumat (14/1/2022) ANTARAFOTO/Maulana Surya

Yogyakarta (ANTARA) - Kota Yogyakarta akan melakukan “kick off” pelaksanaan vaksinasi booster pada awal pekan depan yang akan digelar di tiga lokasi sekaligus yaitu di kompleks balai kota, SLB Negeri Pembina, dan di Monumen Diponegoro.

“Vaksinasi akan dimulai pada Senin (17/1) di tiga tempat, diutamakan untuk warga lanjut usia dan petugas pelayanan umum,” kata Ketua Harian Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Yogyakarta Heroe Poerwadi di Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, warga yang menjadi sasaran vaksinasi juga akan mendapatkan undangan dari kelurahan sesuai domisili dan diutamakan bagi warga yang sudah mendapat konfirmasi menerima vaksinasi dosis ketiga di aplikasi PeduliLindungi.

Total sasaran vaksinasi booster pada saat “kick off” ditargetkan sebanyak 3.600 warga yang akan mendapatkan vaksinasi menggunakan vaksin jenis AstraZeneca setengah dosis.

“Jenis vaksin yang kami siapkan adalah Pfizer dan AstraZeneca. Tetapi untuk tahap awal ini akan digunakan AstraZeneca,” katanya.

Sesuai aturan, penerima vaksin lengkap Sinovac bisa memperoleh vaksin booster dari Pfizer, AstraZeneca atau Moderna.

“Hampir seluruh lansia di Yogyakarta menerima vaksin Sinovac lengkap,” kata Heroe.

Berdasarkan data, total warga lanjut usia di Kota Yogyakarta yang menjadi sasaran vaksinasi booster tercatat sekitar 24.000 orang dan bagi warga lansia dengan komorbid atau memiliki penyakit peserta diminta segera menghubungi kelurahan tempat tinggal mereka.

Kegiatan “kick off” vaksinasi booster akan dilanjutkan secara reguler di sejumlah fasilitas pelayanan kesehatan di Kota Yogyakarta yaitu di 11 rumah sakit, tiga klinik, serta 18 puskesmas.

Heroe memastikan, persediaan vaksin di Kota Yogyakarta dapat memenuhi kebutuhan pelaksanaan vaksinasi booster dan akan mendapat dukungan dari DIY untuk pemenuhan kebutuhan vaksin.

Ia pun mengimbau warga lanjut usia di Kota Yogyakarta dapat memanfaatkan kesempatan untuk menerima vaksinasi booster tersebut dan tidak perlu takut atau memilih jenis vaksin yang akan diterima.

“Tidak perlu memilih jenis vaksin karena yang jelas vaksinasi booster sudah dilakukan di banyak tempat dan untuk banyak kelompok orang," katanya.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2022