Bayern petik poin berkat Lewandowski

id liga jerman,bayern muenchen,cologne,robert lewandowski,corentin tolisso

Bayern petik poin berkat Lewandowski

Penyerang Bayern Muenchen Robert Lewandowski melengkapi raihan trigol ke gawang FC Cologne dalam laga lanjutan Liga Jerman di Stadion RheinEnergie, Cologne, Jerman, Sabtu (15/1/2022). (ANTARA/REUTERS/Thilo Schmuelgen)

Jakarta (ANTARA) - Bayern Muenchen kembali ke jalur kemenangan disokong trigol raihan Robert Lewandowski ketika mereka mencukur tuan rumah FC Cologne dengan skor 4-0 dalam laga pekan ke-19 Liga Jerman di Stadion RheinEnergie, Sabtu.

Selain ketiga gol Lewandowski, kemenangan Bayern juga diwarnai sumbangan satu gol yang dicetak oleh Corentin Tolisso, sementra tuan rumah mendapati satu-satunya gol balasan mereka dianulir oleh VAR.

Ini jadi kemenangan pertama Bayern pada 2022 setelah pekan lalu membuka tahun dengan dipecundangi oleh Borussia Moenchengladach.

Tim besutan Julian Nagelsmann itu terus menjaga posisi mereka di puncak klasemen dengan koleksi 46 poin, unggul enam poin atas pesaing terdekat Borussia Dortmund.

Sedangkan Cologne yang harus merelakan rentetan kemenangan tiga laga beruntun mereka berakhir turun ke urutan kedelapan dengan 28 poin, demikian catatan situs resmi Liga Jerman.



Pertandingan baru berlangsung sembilan menit ketika Lewandowski menjebol gawang Cologne memanfaatkan umpan terobosan dari Thomas Mueller.

Gol itu awalnya sempat dianulir oleh hakim garis, tapi belakangan disahkan setelah wasit Tobias Welz berkonsultasi dengan VAR. Gol tersebut juga menandai pemecahan rekor baru di Liga Jerman, yakni keberhasilan Bayern selalu mencetak gol dalam 66 pertandingan beruntun.

Keunggulan tim tamu berganda pada menit ke-25 setelah gelombang serangan balik cepat diakhiri oleh Tolisso dengan memanfaatkan kerja sama umpan satu dua bersama Mueller untuk melesakkan bola ke pojok kiri atas gawang Cologne.

Enam menit berselang, Mark Uth memperdaya kiper Manuel Neuer, tetapi gol balasan Cologne itu kemudian dianulir setelah VAR menyatakan offside.

Skor 2-0 bertahan hingga turun minum dan Lewandowski memaksa kiper Marvin Schwaabe melakukan penyelamatan gemilang saat babak kedua baru berusia enam menit.

Lantas pada menit ke-62, Lewandowski sukses menaklukkan Schwaabe dalam situasi satu lawan satu setelah menerima umpan dari Leroy Sane untuk membuat Bayern unggul 3-0 atas tuan rumah.



Cologne agaknya cukup tidak beruntung di laga kali ini sebab upaya mereka membalas pada menit ke-72 berakhir membentur mistar gawang padahal bola sundulan Timo Huebers sudah tak terjangkau oleh Neuer.

Dua menit kemudian, Lewandowski justru melengkapi raihan trigolnya di laga kali ini dengan penyelesaian tenang menyudahi serangan yang dihiasi aksi individual menawan Sane dan keunggulan Bayern bertambah lagi jadi 4-0.

Skor 4-0 bertahan hingga bubaran dan Bayern melanjutkan tren positif mereka yang selalu menang melawan Cologne dalam delapan pertemuan terakhir dan nirkalah sejak tujuh laga sebelumnya.

Di pertandingan selanjutnya, Bayern akan bertandang ke Olympiastadion menghadapi Hertha Berlin pada Minggu (23/1) pekan depan, sehari setelah Cologne menyambangi kandang VfL Bochum.

Sebelum itu, pada Selasa (18/1), Cologne bakal terlebih dulu tampil di babak 16 besar Piala DFB Pokal di markas tim kasta kedua Hamburg SV.
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024