Gugus Tugas: Pasien COVID-19 di Kulon Progo naik lima kasus

id COVID-19,Kulon Progo,positif,aktiv,bertambah,Gugus Tugas

Gugus Tugas: Pasien COVID-19 di Kulon Progo naik lima kasus

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Kulon Progo, DIY Baning Rahayujati. (FOTO ANTARA/Sutarmi)

Wates, DIY (ANTARA) - Gugus Tugas Penanganan COVID-19  menyatakan pasien positif COVID-19 di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), mengalami kenaikan lima kasus baru, sehingga kasus aktif COVID-19 di wilayah itu saat ini mencapai sebanyak 26 kasus.

"Perubahan situasi COVID-19 per 16 Januari 2022 sebanyak lima kasus, sehingga total selama pandemi sebanyak 22.285 kasus. Kemudian, kasus aktif saat ini COVID-19 sebanyak 26 kasus," kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kulon Progo Baning Rahayujati di Wates, Minggu.

Ia mengatakan lima kasus baru ini penyebarannya di Kecamatan Wates. Mereka satu keluarga, sehingga belum bisa dikatakan klaster.

"Penambahan kasus hari ini merupakan keluarga. Kami masih melakukan pelacakan terhadap kontak erat," katanya.

Ia mengatakan situasi RT berdasarkan zonasi penyebaran COVID-19, yakni Zona Kuning sebanyak 0,13 persen atau enam RT, Zona Oranye ada satu RT atau 0,02 persen di Kalibawang, dan sisanya zona hijau sebanyak 4.471 RT dari total 4.478 RT.

"Kondisi zonasi RT di Kulon Progo masih zona hijau. Namun demikian, kami mengingatkan warga untuk disiplin protokol kesehatan," kata  Baning Rahayujati .

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kulon Progo Sri Budi Utami mengatakan pihaknya sudah mengimbau kepada Satgas COVID-19 tingkat desa dan kecamatan untuk kembali memperketat pengawasan terhadap protokol kesehatan di masyarakat.

"Kami minta penerapkan protokol kesehatan di masyarakat kembali ditingkatkan, mengingat ada potensi penyebaran COVID-19 pasca liburan Natal dan Tahun Baru 2022 ini," katanya.