Baznas Kulon Progo bagikan 2.100 nasi kotak kepada warga miskin

id Baznas Kulon Progo,Kulon Progoi

Baznas Kulon Progo bagikan 2.100 nasi kotak kepada warga miskin

Pengurus Baznas Kabupaten Kulon Progo menyerahkan nasi kota kepada PKL di sepuran Alun-alun Wates pada Senin (17/1). (ANTARA/Sutarmi)

Kulon Progo (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, membagikan 2.100 nasi kotak kepada kaum duafa dan warga miskin yang membutuhkan di wilayah ini.

"Hari ini, 17 Januari, merupakan Hari Ulang Tahun ke-21 Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dilaksanakan dengan melakukan kegiatan sosial berupa pembagian 2.100 nasi kotak kepada masyarakat yang membutuhkan," kata Wakil Ketua III Bidang Keuangan, Perencana dan Pelaporan, Baznas Kulon Progo Sugiyanto di Kulon Progo, Senin.

Ia kegiatan sosial pembagian nasi kota dibagi menjadi tiga titik. Titik pertama yakni di utara yang melingkupi Samigaluh, Kalibawang, dan Girimulyo. Kedua, melingkupi wilayah Wates dan sekitarnya. Ketiga, di selatan, wilayah Galur dan sekitarnya.

Pembagian nasi kotak tersebut merupakan wujud rasa syukur Baznas Kulon Progo yang sudah dipercaya masyarakat dalam penyaluran zakatnya.

"Setiap titik ada sekitar 700 nasi kotak yang dibagikan. Sasaran kami, mulai dari tukang becak, guru honorer dan lainnya," kata Sugiyanto.

Sementara itu, Wakil ketua IV, Bidang SDM dan Umum Baznas Kulon Progo, Widiastuti mengatakan, kegiatan pembagian nasi kotak tersebut juga menjadi bagian dari sosialisasi Baznas Kulon Progo kepada Masyarakat.

"Selama ini sudah banyak masyarakat yang tahu. Sudah banyak yang menyalurkan zakatnya di Baznas Kulon Progo. Namun tetap perlu disosialisasikan agar masyarakat bisa lebih tahu," kata Widiastuti.

Ia mengatakan pada 2021, Baznas Kulon Progo pada 2021 mencapai Rp10,3 miliar dari target Rp9 miliar. Jumlah ini mengalami peningkatan dibanding realisasi 2020 yang hanya Rp9,8 miliar.   

“Meski dalam pandemi COVID-19, namun capaian Baznas mengalami peningkatan. Di Kulon Progo terbanyak dari zakat para ASN,” katanya.