Studi awal sebut vaksin dari Valneva efektif lawan Omicron

id vaksin covid,varian omicron,vaksin untuk omicron,vaksin varian omicron,virus corona,vaksin corona

Studi awal sebut vaksin dari Valneva efektif lawan Omicron

Logo perusahaan biotek Prancis-Austria Valneva terlihat di luar kantor pusat mereka di Wina, Austria, 16 Desember 2021. (ANTARA/Reuters/Lisi Niesner/as)

Paris (ANTARA) - Perusahaan bioteknologi asal Prancis Valneva pada Rabu (19/1) mengatakan bahwa studi pendahuluan menunjukkan tiga dosis kandidat vaksin COVID-19 buatannya dapat menetralkan virus corona varian Omicron.

Semua sampel serum yang diuji menunjukkan antibodi penetralisasi yang melawan virus corona varian terdahulu dan varian Delta, sementara 87 persen sampel serum dapat menetralkan varian Omicron, kata Valneva.

"Kami sangat senang dengan hasil ini," kata ketua petugas medis Valneva Juan Carlos Jaramillo dalam sebuah pernyataan.

Jaramillo mencatat bahwa hasil studi awal itu menambah data keberhasilan dari percobaan fase III sebelumnya yang menunjukkan peningkatan respon imun dengan dua dosis kandidat vaksin VLA2001 buatan perusahaan Prancis itu.

Valneva berharap mendapatkan persetujuan penggunaan vaksinnya dalam tiga bulan pertama 2022.

Untuk itu, perusahaan itu sedang menyiapkan data untuk diberikan kepada badan pengawas obat Eropa (European Medicines Agency/EMA) serta regulator obat di Inggris dan Bahrain.

Jika vaksin buatan Valneva itu disetujui di Eropa, perusahaan itu diharapkan untuk mulai menyalurkan dosis vaksinnya di Eropa pada April 2022.

Saham Valneva telah merosot sejak awal 2022 karena investor khawatir atas komentar EMA tentang kemanjuran vaksin buatan perusahaan itu yang masih harus menunggu data lebih lanjut.

Sumber: Reuters
Pewarta :
Editor: Eka Arifa
COPYRIGHT © ANTARA 2024